Undang Gathering Ke Istana Bogor

Jokowi-Anies Apa Selengket Jokowi-Ahok?

Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Meski sering dipersepsikan berseberangan, ternyata hubungan Jokowi dengan Anies Baswedan baik-baik saja. Bahkan sangat dekat dan akrab.

Hal itu juga terlihat saat Jokowi mengundang Anies ke acara family gathering, di Istana Bogor, kemarin. Namun ada yang nanya, apakah Jokowi dengan Anies bisa sedekat Jokowi dengan Ahok?

Menjelang akhir periode pertama pemerintahannya, Presiden Jokowi mengadakan acara family gathering.

Pesertanya bukan hanya menteri kabinet kerja, tapi juga para mantan menteri seperti Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa.

Berita Terkait : Dapat Penghargaan Dari Insinyur ASEAN, Jokowi Merendah

Untuk acara ini, halaman belakang Istana Bogor disulap jadi seperti tempat wisata dan tempat nongkrong yang asyik. Bangku-bangku santai dengan payung warna-warni berdiri mengelilingi lapangan.

Belasan food truck dengan aneka makanan dan kudapan berjejer rapi di sudut lapangan lainnya. Stand makanan ini disediakan untuk para keluarga menteri.

Acara yang bertajuk Solidaritas Tanpa Batas ini berlangsung santai dan meriah. Penuh canda dan tawa. Dimulai dengan kuis-kuisan, memberikan hadiah kepada anak atau cucu menteri yang bisa menjawab pertanyaan dari pemandu acara.


Di acara ini, Jokowi berbaur dengan semua. Termasuk dengan Anies. Dalam beberapa momen, bahkan terlihat sangat dekat dan akrab. Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan, sudah lama dirinya ingin mengadakan family gathering.

Berita Terkait : Jokowi: Saya Senang

Paling tidak ingin pertemuan 6 bulan sekali atau minimal setahun sekali. “Tapi, ini lima tahun baru sekali,” kata Jokowi.

Jokowi bilang, semua yang pernah duduk di Kabinet Kerja diundang ke acara ini. “Ya semuanya. Yang telah ikut bersama-sama bekerja keras untuk pemerintah, untuk negara kita, semuanya kita undang.

Intinya, selain 17-an kita ingin ada kumpul bareng untuk memperkuat solidaritas kita,” ujarnya.

Pengamat politik, Karyono Wibowo, tidak aneh melihat kedekatan Jokowi dengan Anies. Sebab, keduanya sempat sangat dekat. Di Pilpres 2014, Anies adalah jubir Jokowi. Saat itu, Anies selalu nempel Jokowi.

Berita Terkait : Jakarta Tetap Diistimewakan, Anies Percaya Jokowi

“Saat Pilpres 2019, Anies dan Jokowi dianggap berjarak karena Anies diposisikan berada di kubu Prabowo. Namun, dalam perkembangan terakhir, keduanya terlihat mencoba membangun hubungan baru.

Terlihat dari komentar Jokowi merespons polusi udara di Jakarta. Begitu juga dengan mengundang Anies ke acara family gatehring,” tuturnya.

Apakah bisa sedekat hubungan Jokowi-Ahok? Kata dia, bisa saja. Kepentingan pembangunan ke depan mengharuskan keduanya selalu bersinergi dalam hubungan baik.


Terlebih, saat ini, hubungan Jokowi dengan Prabowo juga sudah sangat baik. Jadi, tidak ada halangan lagi Jokowi dan Anies untuk semakin lengket. [BCG]