Tsunami Mereda, Hoaks Menggila

Rakyat Lari, Relawan Lari Bupati Irna Juga Ikut Lari

Klik untuk perbesar
(Foto: IG @infobmkg)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kabar air laut yang kembali naik bikin warga Kabupaten Pandeglang panik. Para relawan yang sedang melakukan evakuasi ikut berlarian menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi. Tsunami sudah mereda, tapi hoaksnya menggila.

Kepanikan terjadi di Sumur, Tanjung Lesung, Pandeglang, sekitar pukul 14.35 WIB. Diawali ketika sejumlah orang yang ada di pinggir pantai berteriak air laut pasang. Mendengar itu, warga yang sedang beraktivitas berhamburan ke jalan.

Berita Terkait : Prioritaskan Pertolongan Bagi Korban Luka

Tim SAR dan relawan yang sedang melakukan evakuasi ikutan berhamburan. Anggota TNI dan Polri yang berada di lokasi meminta warga tidak panik saat menyelamatkan diri. Mereka meminta masyarakat yang masih berada di dekat pantai menjauh ke tempat yang lebih tinggi. Bupati Pandeglang Irna Narulita yang kebetulan berada di kantor Kecamatan Sumur pun, ikut melarikan diri.


Anak-anak dan ibu-ibu menangis ketakutan. Kendaraan dan warga berada di jalanan sehingga terjadi kemacetan yang mengular. Selang sepuluh menit kemudian, ada suara dari pengeras suara masjid yang memberitahukan bahwa itu air pasang. Bukan tsunami.  "Air hanya pasang, Insya Allah bukan tsunami susulan. Harap tenang dan tidak panik," katanya. Barulah keadaan mulai kondusif. Tim SAR dan relawan kembali bertugas.

Berita Terkait : TKN Jokowi - Maruf Amin Turut Berbela Sungkawa

Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Inf Widiyanto meminta warga tetap tenang. Dia menegaskan, informasi adanya peringatan soal naiknya gelombang laut harus tetap berpedoman pada informasi yang dikeluarkan BMKG. “Kalau BMKG belum menyatakan, mari patuhi apa yang sudah ditunjuk pemerintah secara resmi," kata Yusuf, di lokasi. 

Sebelumnya, warga Sumur berusaha melarikan diri ke lokasi lebih tinggi. Warga panik karena mendengar informasi ombak laut terlihat naik. Salah satu petugas SAR dari TNI yang ditanya wartawan mengatakan, ada informasi ombak di laut selatan terlihat naik. Dia yang sedang di bibir pantai kemudian lari.
 Selanjutnya 

RM Video