Buruan Daftar! Ridwan Kamil Tebar Beasiswa Rp 50 Miliar Khusus Warga Jabar

Klik untuk perbesar
Informasi beasiswa Pemprov Jabar. (Dok : Pemprov Jabar)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan dana Rp 50 miliar untuk program beasiswa tingkat perguruan tinggi. Bertajuk "Jabar Future Leader Scholarship", beasiswa ini sudah dibuka sejak awal Agustus dan ditutup pada September 2019.

Lewat Instagram [email protected], Pemprov Jabar mengumumkan, beasiswa ini ditujukkan khusus untuk warga Jawa Barat. Jenjang pendidikannya S1, S2 dan S3.

Skema beasiswa mahasiswa baru S2 dan S3 lewat jalur akademis dan akan kuliah di 10 universitas ternama di Jawa Barat. Sementara untuk S1, skemanya bisa lewat jalur akademis dan non akademis. Non akademi, bisa lewat jalur prestasi tahfidz, atlet, seniman dan budayawan dan prestasi aktivis.

Berita Terkait : Ayo Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa di 9 PTN

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Dewi Sartika mengatakan program beasiswa ini  ini diberikan untuk 1.500 mahasiswa. "Total anggarannya Rp 50 miliar. Buat 1.500 mahasiswa S1, S2 dan S3," kata Dewi saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.


Menurutnya, khusus program studi sarjana, beasiswa yang diberikan terdiri dari tiga kategori yaitu biaya perkuliahan, biaya hidup atau tugas akhir. Beasiswa diberikan tergantung minat pendaftar. "Beasiswa itu termasuk misalnya biaya kuliah, biaya hidup, termasuk beasiswa tugas akhir saja ada tapi itu khusus S1," ucap Dewi.

Ia menuturkan Pemprov Jabar bekerja sama dengan 10 perguruan tinggi ternama di Indonesia untuk program beasiswa tersebut. Di antaranya Unpad, UPI, ITB, Unpar, IPB, UI, Unisba, Telkom, dan Unpas.

Berita Terkait : Segera Copot Sekda Jabar, Ridwan Kamil Diapresiasi KPK

Sebelumnya, beasiswa ini juga sempat diumumkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lewat akun sosial media Instagram pribadinya @ridwankamil. 

"50 MILYAR untuk JABAR FUTURE LEADER SCHOLARSHIP. 'Hidup saya berubah karena pendidikan dan doa ibu. Dengan pendidikan yang baik, kiprah hidup menjadi banyak pilihan. Karena pendidikan bukan semata untuk mencari pekerjaan, tapi ia adalah ekosistem untuk mengubah peradaban,"

"Silakan kontak @disdikjabar dan email ke [email protected] SILAKAN warga Jawa Barat untuk memanfaatkannya, agar indeks sarjana kita naik dan bersiap menyambut Society 4.0 menuju #JabarJuara,"  [IPL]