Anak Krakatau Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu 2.000 M Disertai Dentuman

Klik untuk perbesar
Penampakan kolom erupsi Gunung Anak Krakatau dengan tinggi kolom ± 2.000 m di atas puncak, pada Jumat (4/1) pukul 14.21 WIB. (Foto: Twitter Sutopo Purwo Nugroho)


RMco.id  Rakyat Merdeka - Gunung Anak Krakatau kembali memperlihatkan aktivitasnya. Setelah mengalami erupsi pada pukul 09.39 WIB, dengan ketinggian kolom abu yang teramati mencapai  ± 1.500 m di atas puncak, gunung api di Selat Sunda itu kembali memperlihatkan kolom erupsi pada pukul 14.21 WIB. Kali ini, tinggi kolom abu yang teramati lebih tinggi dibanding sebelumnya. 

Berita Terkait : Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu 7.000 M di Atas Puncak


"Tinggi kolom abu teramati mencapai ± 2.000 m di atas puncak. Kolom abu condong ke arah utara dan timur laut, disertai suara berdentum," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam akun Twitter-nya. 

Berita Terkait : Gunung Agung Erupsi, Tinggi Kolom Abu 2 Km Di Atas Puncak


Hingga saat ini, belum ada perubahan status terkait aktivitas Gunung Anak Krakatau. Sejak 27 Desember 2018, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan Gunung Anak Krakatau berstatus Level III (Siaga). Masyarakat/wisatawan dilarang melakukan aktivitas apa pun dalam radius 5 km dari kawah. [HES]

RM Video