Bentuk ULPTQ di 104 Kelurahan, Pemkot Tengerang Cari Qori-Qoriah Terbaik

Klik untuk perbesar
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-20 Tingkat Kota Tangerang. (Foto: Dok. Pemkot Tangerang)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-20 Tingkat Kota Tangerang telah usai. Kegiatan yang diselenggarakan di Buana Garden, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, 16-19 Oktober 2019 menghasilkan pemenang dari Kecamatan Ciledug.

Tema MTQ tahun ini adalah “Implementasi Nilai-Nilai Alquran Sebagai Pondasi Membangun Masyarakat yang Berdaya Saing dengan Landasan Akhlaqul Karimah”. MTQ ini diikuti 644 peserta dari 13 kecamatan.   

Berita Terkait : 100 IKM di Kota Tangerang Sudah Miliki Sertifikasi Halal

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan, MTQ adalah bagian dari program Pemkot untuk mengajak masyarakat cinta terhadap Alquran dan menjadikannya sebagai pondasi kehidupan. Pemkot juga terus menggencarkan program Tangerang Maghrib mengaji dan Belajar dalam menanamkan nilai Alquran sebagai benteng dalam menangkal masuknya penyebaran paham radiklisme kepada anak usia dini.

Pemkot Tangerang juga membentuk Unit Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (ULPTQ) Kelurahan yang berjumlah 104 unit dengan Ketua ULPTQ adalah Sekretaris Kelurahan. Tujuannya, untuk mengajak peran serta masyarakat untuk pembentukan Qori dan Qoriah terbaik.

Berita Terkait : Permudah Pencari Kerja, Pemkot Tangerang dan KNPI Bikin Bursa Kerja Daring

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, menuturkan, tugas dari ULPTQ adalah melakukan pembinaan dengan melibatkan peran warga hingga ke tingkat bawah. Misalnya, masuk ke kelompok majelis ta'alim, pondok pesantren, pengajian di masjid dan musala. Pembinaan dilakukan secara optimal hingga ke tingkat bawah.

Selama ini, pembinaan baru pada sampai tingkat Kelurahan/Kecamatan. Dengan adanya ULPTQ maka pembinaan akan lebih optimal dan menyentuh semua lapisan masyarakat. Sehingga, nantinya Kota Tangerang memiliki persiapan di MTQ Provinsi Banten sampai ke nasional lebih matang.

Berita Terkait : UKM Mikro Tumbuh Subur di Kampung Tematik Kota Tangerang

"Dan lebih penting lagi adalah menanamkan nilai Alquran di tengah masyarakat. Apalagi di zaman milenial sekarang, jangan sampai mereka meninggalkan Alquran dan sunnah yang menjadi pedoman dalam rangka mewujudkan masyarakat berakhlakul karimah," ujarnya. [USU]