Hujan Petir Disertai Angin Kencang

Puting Beliung Landa Warga Rancaekek Kabupaten Bandung

Klik untuk perbesar
Situasi beberapa saat setelah terjadinya angin puting beliung Jumat (11/1) di Perumahan Rancaekek Kencana, Rancaekek, Kabupaten Bandung. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Hujan lebat, petir dan angin kencang yang terjadi daerah Rancaekek, tepatnya di Perumahan Rancaekek Kencana dan Desa Jelegong, Rancaekek.  Sejumlah warga menyebut angin kencang itu sebagai angin puting beliung. Kencana, Rancaekek, Kabupaten Bandung angin kencang yang disebut-sebut sebagai angin puting beliung.

Seperti yang dikatakan Dadang Sutarli, warga Jl Melur, Perumahan Rancaekek Kencana ini,  merasa panik dengan kejadian adanya angin puting beliung tadi sore.

"Bukan hanya benda-benda ringan seperti plastik atau kertas saja yang terlihat beterbangan, beberapa pohon dan bambu juga terlihat bergerak-gerak kencang akibat angin puting beliung itu, " tambah Dadang.

Angin kencang yang disebut sebagai angin puting beliung itu pun terlihat berputar-putar dalam kecepatan tinggi. Sejumlah benda-benda terlihat ikut berputar-putar secara kencang. Data daerah terdampak meraskan angin puting beliung itu adalah : Perum Bumi Rancaekek Kencana Blok 16 RW 16,  wilayah RW 08 Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek,  dan Komplek Rancaekek Permai 2. 

Data sementara yang berhasil dihimpun BPBD Kabupaten Bandung, dampak puting beliung di Rancaekek, Kabupaten Bandung ini tercatar 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak belum dikelompokkan tingkat kerusakannya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kalau BPBD Kabupaten Bandung saat ini masih melakukan pendataan. Pemasangan tenda pengungsi oleh TNI dan Brimob Jabar didirikan untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi. Tagana, BPBD dan relawan juga membantu pengungsi, yang rumahnya rusak. Untuk sementa pengungsi, berteduh di tenda pengungsian, yang tak jauh dari tempat kejadian. [SRI]

RM Video