Lava Pijar Dimuntahkan Gunung Merapi

Klik untuk perbesar
Ilustrasi Gunung Merapi yang berada di daerah Yogyakarta. ( Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat dua kali guguran lava pijar meluncur dari Gunung Merapi pada Minggu (13/1) dini hari. Lava pijar mengalir ke arah hulu Kali Gendol.

Seperti dikatakan Heru Suparwaka dari BPPTKG, "Guguran lava pijar teramati dua kali ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak luncur maksimal 400 meter pada pukul 2.34 WIB."

Lebih lanjut Heru mengatakan pada 13 Januari 2019 mulai pukul 00.00 WIB - 06.00 WIB, BPPTKG mengamati asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang setinggi tinggi 50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi.

BPPTKG selama mengamati gunung api itu juga mencatat 20 kali gempa guguran dengan amplitudo 2,5 sampai 25 milimeter yang berlangsung selama 8,6 sampai 40,2 detik.

Sebelumnya, Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida mengatakan guguran itu masih akan muncul selama masih ada pertumbuhan kubah lava di gunung teraktif di Indonesia itu.

"Selama kubah lava masih tumbuh, guguran masih akan terjadi," terang Hanik. BPPTKG selama mengamati gunung api itu juga mencatat 20 kali gempa guguran dengan amplitudo 2,5 sampai 25 milimeter yang berlangsung selama 8,6 sampai 40,2 detik.
 Selanjutnya 

RM Video