Didaulat Sebagai Tokoh Infrastruktur Merah Putih

Menteri Basuki Dapat Sanjungan Wakil Presiden

Klik untuk perbesar
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Keempat dari kanan) saat menerima penghargaan sebagai tokoh infrastruktur Merah Putih di Anugerah Indoensia Maju di Ballroom Hotel Pullman, Jakarta, Senin (8/4). (Foto; Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sukses membangun infrastrukur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan sebagai tokoh infrastruktur Merah Putih. Penghargaan tersebut, merupakan apresiasi kepada sejumlah tokoh nasional yang dinilai memiliki komitmen, semangat, dan langkah-langkah konkret untuk Indonesia Maju.

Pemberian penghargaan Anugerah Indonesia Maju 2018-2019 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangkaian ulang tahun Rakyat Merdeka ke 20 dan Warta Ekonomi ke 30.

Berita Terkait : Industri Semen Diramal Makin Moncer


Dalam pidatonya, Wapres Jusuf Kalla (JK) mengatakan, untuk menjadikan Indonesia terus maju, tidak hanya dapat mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA), yang dimiliki, karena sifatnya yang terbatas dan akan habis seiring waktu. 

Dikatakan, Wapres salah satu kunci maju yang dapat dipelajari dari negara di Asia yang berhasil maju seperti China adalah kemajuan dari infrastruktur, investasi dan kemampuan ekspor.

Berita Terkait : Bos KAI: Anugerah Indonesia Maju Memajukan Kita Semua

“Selain itu, ke depan yang akan berkembang adalah gabungan perkembangan teknologi Artificial Intelligence dan Bioteknologi. Kemajuan teknologi hanya bisa terjadi apabila ada segitiga kerja sama antara Pemerintah sebagai regulator, ilmuwan sebagai inovator, dan enterpreneur sebagai investor. Gabungan ketiganya itu yang dapat memajukan bangsa yang besar,” ujarnya.


Sementara Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad mengatakan, untuk naik kelas menjadi negara maju, Indonesia harus melalui beberapa syarat. Syarat utamanya adalah pembangunan infrastruktur. Infrastruktur merupakan kunci dari pertumbuhan ekonomi berkualitas. 
Syarat kedua menurut Fadel adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki daya saing, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital. 

Berita Terkait : Jokowi Bilang, Menteri Basuki Ibarat Daendels

“Pada intinya kita ingin bagaimana indonesia maju dari berbagai sudut pandang yang berbeda-beda,” ujarnya. Anugerah ini terbagi dalam lima kelompok penerima. Pertama, Korporasi Merah Putih. Kedua, BUMN Merah Putih. Ketiga, Menteri dan Pejabat Negara Merah Putih. Keempat, Tokoh Merah Putih. Kelima, Anugerah Khusus.

Selain Menteri PUPR, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMNRini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar. [QAR]

RM Video