RMco.id  Rakyat Merdeka - Sekretariat Jenderal DPD terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dalam menciptakan reformasi birokrasi yang profesional dalam mendukung kinerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Maka DPD membutuhkan sentuhan semangat perubahan dalam mewujudkan reformasi birokrasi.

“Kita harus berubah, tidak lagi bermain pada tataran biasa-biasa saja. Perubahan merupakan tuntutan dari internal dan eksternal kita agar meningkatkan kualitas pelayanan cepat, efektif efisien, dan yang tidak kaku,” ucap Sekretaris Jenderal DPD Reydonnyzar Moenek saat membuka diskusi Coffee Morning Reformasi Birokrasi di Loby Gedung DPD, Jakarta, Senin (22/7).

Berita Terkait : Komite I DPD Konsisten Perjuangkan Daerah Otonomi Baru

Untuk itu, Reydonnyzar menilai bahwa DPD harus bisa merubah mindset atau pola pikir budaya birokrasi menjadi budaya korporasi atau perusahaan. Artinya, dalam korporasi atau perusahaan dikenal adanya kompetisi atau persaingan, kapasitas, kompetensi, dan kemampuan hal tersebut termasuk dalam penempatan jabatan.

“Perubahan pola pikir budaya korporasi tersebut untuk meningkatkat kapasitas dan pelayanan, termasuk soal promosi dan mutasi, sepanjang dia punya kemampuan kenapa tidak. Itu namanya sistem merit ada reward dan ada punishment,” ujarnya.

Berita Terkait : DPD: Umat Islam Harus Menolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Reydonnyzar menjelaskan tuntutan percepatan pelayanan selalu menjadi terdepan dalam sebuah reformasi birokrasi. Menurutnya DPD tidak bisa bermain-main pada pelayanan karena akan menggangu kenyamanan masyarakat.

“Kita tidak bisa seperti itu. Kita harus bisa mencontoh dari negara tetangga seperti Singapura dan negara lainnya yang maju dalam bidang birokrasi,” cetusnya.

Berita Terkait : DPD Janji Kawal Aspirasi Daerah Sampai Masa Bakti Berakhir

Reydonnyzar menyatakan perlu adanya diferensiasi struktur terkait pembagian tugas dan kewenangan. Tentunya harus ada delegasi tanggung jawab kewenangan dan pengawasan.

“Maka ke depan akan menjadi reformasi birokrasi yang lebih baik dan lebih baik lagi,” ungkapnya.
 Selanjutnya