Disorot Dunia, DPD Harap Pelantikan Presiden Berjalan Lancar

Nono Sampono (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Nono Sampono (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berharap pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan lancar. Apalagi, pelantikan ini disorot dunia.  

Wakil Ketua DPD Nono Sampono mengatakan, sebanyak 20 kepala negara atau perwakilan dari negara-negara sahabat akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 di Gedung DPR/MPR/DPD RI pada Minggu (20/10). Selain kepala negara atau perwakilan negara sahabat, Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, mantan calon presiden Prabowo Subianto dan mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno juga menyatakan kehadirannya dalam acara pelantikan.

Berita Terkait : Presiden Rajin Solat, Menkeu Rajin Puasa

"Jadi kami harap semua berjalan lancar," kata Nono, kepada Rakyat Merdeka, Kamis (17/10).

Karena itu, Senator dari Maluku itu meminta doa kepada masyarakat agar acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih dapat berjalan dengan khidmat dan lancar. "Kami mohon doa kepada segenap rakyat Indonesia agar prosesi demokrasi bangsa Indonesia melantik presiden hasil pemilihan umum 2019 ini berjalan lancar, hikmat dan menunjukkan marwah bangsa kita sebagai bangsa yang menganut paham demokrasi,” ujar dia.

Baca Juga : Menhub Puji Runway Baru Bandara Soetta

Dia juga memastikan seluruh anggota DPD akan hadir dalam pelantikan tersebut. Menurutnya, kehadiran itu sebagai bentuk dukungan terhadap pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin. "136 senator dipastikan akan hadir dalam pelantikan tersebut," katanya.

Dalam kesempatan itu, Nono juga mengatakan bahwa personel TNI dan Polri disigiakan dengan kekuatan penuh pada saat pelantikan mulai dari Istana Negara hingga Kompleks parlemen. Pengamanan ketat juga diberlakukan kepada tamu tamu negara yang akan hadir di pelantikan.

Baca Juga : Jadi Ketum PPDB se-Jabodetabek Periode XXVII, Ini Program-program Trimedya Panjaitan

"Mulai dari titik keberangkatan Presiden ke DPR hingga DPR ke istana sudah diantispasi dengan kekuatan penuh dengan alat dan kelengkapan yang ada yang sudah disiapkan TNI dan Polri," katanya. [QAR]