Ketua MPR Pimpin Sidang Paripurna

Jokowi-Maruf Dilantik Dalam Suasana Guyub

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Hati Ketua MPR Bambang Soesatyo hari ini dagdigdug. Maklum saja, karena dialah yang akan memimpin Sidang Paripurna MPR, untuk melantik Jokowi dan KH Maruf Amin sebagai Presiden-Wapres periode 2019-2014. Untuk mendinginkan suhu politik, Pimpinan MPR sudah melakukan road show politik.

Mengunjungi tokoh-tokoh bangsa, para mantan presiden, mantan wakil presiden, sampai rival Jokowi di Pilpres yang lalu. Bersyukur, Megawati, SBY, Prabowo-Sandi, menyatakan akan hadir dalam prosesi pelantikan yang akan berlangsung siang ini di Gedung MPR- DPR, Jakarta.

Berita Terkait : Ketua MPR: Agama Jadi Spirit Kehidupan Bernegara dan Bermasyarakat

Ketua MPR mengatakan, suasana politik saat ini guyub, rukun. “Suasana politik sudah adem. Tidak ada lagi wacana persaingan. Kita boleh berbeda pendapat sekeras apapun. Ada saatnya bertempur, tapi ada saatnya bersatu kembali untuk kepentingan bangsa,” kata Bambang Soesatyo, dalam wawancara eksklusif dengan Tim Rakyat Merdeka, di ruang kerjanya, Kamis (17/10).

Ketua MPR menyatakan, telah mempersiapkan pelantikan yang sederhana namun khidmat. Akan dimulai pukul 14.30 WIB, dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Ada prosesi yang sedikit berbeda dibanding acara pelantikan periode sebelumnya.

Berita Terkait : Awal Maret, Ketua MPR, Ketua DPR, dan Ketua DPD Kunjungi Papua

“Bedanya, nanti akan ada prosesi penyerahan Surat Keputusan KPU. Ketua KPU akan maju ke depan, menyerahkan Surat Keputusan untuk dibacakan oleh Ketua MPR. Sebelumnya, tidak ada prosesi itu. Biasanya, Surat dari KPU langsung dibacakan. Ini diubah, karena kita ingin memberikan apresiasi kepada KPU,” katanya.