RMco.id  Rakyat Merdeka - Mengisi akhir pekan, Ketua DPD Oesman Sapta mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 organisasi masyarakat Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang), Grand Hotel Cempaka, Jakarta, kemarin. Di organisasi itu, Oesman menjabat sebagai ketua umum. 

OSO, sapaan akrab Oesman, tiba di lokasi perayaan pukul 14.40 WIB. Dia datang dengan menggunakan baju koko putih, lengkap dengan peci hitam dan selendang berwarna hitam putih. 

Kedatangan OSO dielu-elukan para anggota Gebu Minang yang sudah memadati lokasi sejak siang. Tari Piriang digelar untuk menyambut kedatangan pria yang juga menjabat sebagai ketua umum Partai Hanura ini. 

Baca Juga : GMNI Siap Gugat Undang-Undang Cipta Kerja Ke Mahkamah Konstitusi

Tak lama kemudian, perayaan dimulai. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Para anggota Gebu Minang menyanyikan lagu kebangsaan dengan khidmat. Beres menyanyikan lagu Indonesia Raya, alunan suling khas Minang pun langsung diperdengarkan. 

Alunan suling itu mengawali dimulainya Tari Piriang yang dibawakan enam penari. Di situ, tiga penari pria dan tiga penari wanita langsung naik ke atas panggung. Mereka begitu lihai menari dengan memegang dua buah piring di tangan. 

Uniknya, di akhir gelaran Tari Piriang, seorang penari pria pun langsung membuka sebuah nampan yang berisi pecahan piring. Pria berbaju merah itu kemudian menghentak-hentakkan kakinya di atas nampan itu. 

Baca Juga : Kebutuhannya Naik Terus, Kemenperin Genjot Produksi Garam Industri

Aksi pria itu langsung mengundang decak kagum OSO bersama para tamu undangan lain. Seisi ruangan pun langsung bertepuk tangan tanda mengagumi. Selain Tari Piriang, OSO juga disuguhi Tari Pasambahan dan lainnya. 

Kepada para anggota Gebu Minang, OSO berpesan untuk senantiasa memegang teguh budaya dan mencintai negara. Selain itu, orang Minang juga harus senantiasa menjaga persaudaraan. Di mana pun berada. 

“Kalau orang Minang bisa akur, bisa menjaga persaudaraan, dan memegang adat istiadat, insya Allah kita akan menjadi masyarakat yang disegani. Kita juga bisa turut serta membantu membangun negeri ini,” ucapnya. [ONI]