Sosialisasi 4 Pilar di Desa Wisata Olele, Fadel Ingatkan Masyarakat Jaga Kelestarian Alam

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Desa Wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (29/2). (Foto: Humas MPR)
Klik untuk perbesar
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Desa Wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (29/2). (Foto: Humas MPR)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengingatkan bahwa Indonesia, hampir di seluruh wilayahnya, memiliki kekayaan tak terhingga. Yakni keindahan alam yang sangat luar biasa. Seperti keindahan hutan-hutan tropis beserta keragaman hayati di dalamnya dan keindahan laut beserta biota lautnya.

Keindahan alam tersebut mampu meningkatkan perekonomian rakyat melalui pemberdayaan wisata alam. Untuk itu, masyarakat harus mampu dengan upaya keras dan sungguh-sungguh menjaga kekayaan alam Indonesia. Sebab, menjaga kelestarian alam adalah refleksi dari pengamalan Pancasila yakni menjaga keutuhan bangsa dan negara termasuk alamnya.

Baca Juga : Pesawat Penjemput ABK Diamond Princess Mendarat di Haneda

Hal tersebut diungkapkan Fadel dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Desa Wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (29/2). Sosialisasi dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat sekitar.

Desa Olele, lanjut Fadel, adalah salah satu wilayah Indonesia yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Terutama kekayaan alam laut dan biota di dalamnya. "Potensi Olele ini mulai dari karang-karang lautnya, kejernihan airnya, ikan-ikannya yang sangat banyak dan beragam. Sudah saya kembangkan saat saya menjabat gubernur Gorontalo dahulu, saya perjuangkan hingga menjadi wilayah konservasi," katanya.

Baca Juga : Qatar Laporkan Kasus Pertama Virus Corona, Korbannya Baru Balik Dari Iran

Kini, lanjut Fadel, Desa Wisata Olele sudah berkembang menjadi salah satu tujuan wisata populer domestik dan mulai dikenal mancanegara sebagai Taman Laut Olele. Terutama yang menyukai alam laut dan kegiatan snorkeling serta diving dengan 20 spot yang bisa dinikmati wisatawan. Saat melakukan snorkeling dan diving, wisatawan juga diberi fasilitas difoto oleh pemandu, di bawah laut bersama ikan-ikan hias dan terumbu karang yang cantik. 

"Spot-spot tersebut sangat bagus. Saya jamin. Sebab saya seorang penyelam," ucapnya.

Baca Juga : Sabam Sirait Percaya DPD Akan Semakin Baik

Fadel menegaskan, kelestarian alam beserta manfaatnya ada di tangan masyarakat sekitar yang hidup dan mengambil manfaat dari kekayaan alam tersebut. Masyarakat mesti menjaga anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa tersebut dengan baik. Menjaga ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dalam hal ini kekayaan alam dan segala isinya, juga adalah pencerminan Pancasila yakni sila pertama.  

"Apalagi, dengan kehadiran banyaknya wisatawan saat ini apalagi dari mancanegara, adalah kesempatan masyarakat untuk menunjukkan karakter bangsa yang ramah, beretika dan gemar menolong sesama. Tunjukkan nilai-nilai luhur bangsa yang merupakan jati diri kita," ucapnya. [BSH]