Kuis 4 Pilar Legislator Championship 2020, Bamsoet Hadiahkan Pistol dan Motor Listrik 

Ketua MPR Bambang Soesatyo memberikan hadiah ke pemenang kuis Empat Pilar MPR di puncak acara Legislator Championship 2020, di Lapangan Tembak, Senayan, Sabtu malam (7/3). (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Ketua MPR Bambang Soesatyo memberikan hadiah ke pemenang kuis Empat Pilar MPR di puncak acara Legislator Championship 2020, di Lapangan Tembak, Senayan, Sabtu malam (7/3). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Rangkaian Kejuaraan Menembak Nasional Legislator Championship 2020 memperebutkan Piala Ketua MPR, yang dilaksanakan sejak 6 hingga 7 Maret 2020, selesai Sabtu malam (7/3). Acara tersebut sangat meriah ketika Ketua MPR Bambang Soesatyo melontarkan kuis tentang Pancasila dan Empat Pilar MPR saat memberikan piala dan hadiah kepada pemenang dari berbagai kategori lomba.        

Momen tersebut makin heboh dan memancing antusiasme ratusan peserta dari berbagai daerah dan kesatuan TNI/Polri, ketika Bamsoet, sapaan akrab Bambang, melontarkan kuis dengan dua pertanyaan seputar kebangsaan yakni tentang Pancasila dan Empat Pilar MPR. 

"Pancasila dan Empat Pilar ini sangat penting bagi kita bangsa Indonesia. Karena Pancasila lah, negara kita hingga saat ini tetap bersatu serta damai tidak seperti Uni Soviet dan beberapa negara timur tengah hancur dilanda perang saudara. Untuk itu, melalui kuis ini saya ingin menguji pengetahuan peserta terhadap dua hal tersebut. Siapa yang berani maju ke depan menjawab apa saja 5 sila dalam Pancasila dan apa itu 4 Pilar MPR akan mendapat hadiah kejutan yang luar biasa," ujar Bamsoet.        

Berita Terkait : Legislator Championship 2020 Tunjukkan Kreativitas MPR Sosialisasi 4 Pilar

Tawaran Bamsoet disambut antusias ratusan peserta yang berupaya naik panggung. Bamsoet pun memilih secara acak 5 peserta untuk naik panggung menjawab pertanyaan pertama.         

"Sebutkan secara jelas dan tepat Lima sila dalam Pancasila," katanya. Masing-masing peserta pun diberi kesempatan menjawab secara adil. Ada yang unik dari kuis ini. Bamsoet sang pemberi pertanyaan menyerahkan penilaian dan keputusan benar atau salahnya jawaban peserta kuis kepada seluruh penonton. Peserta yang dinyatakan benar jawabannya dan mendapatkan dukungan mayoritas penonton, itulah yang menjadi juara.        

Penonton di bawah panggung pun riuh, membenarkan jawaban dan mendukung masing-masing peserta kuis. Dan akhirnya salah seorang peserta Agus Muryono dari Pengda Perbakin DKI Jakarta keluar sebagai pemenang kuis pertanyaan pertama dan menyabet hadiah utama dari Bamsoet berupa hibah satu unit pistol miliknya merek The Rock Island Armory seri 1911 semi-automatic buatan Armscor, USA. 

Berita Terkait : Bamsoet Sabet Juara III Legislator Championship 2020 Kelas Executive Pistol Sipil

Kuis pun berlanjut kepertanyaan kedua, yakni tentang Empat Pilar MPR. “Untuk pertanyaan kedua, siapa yang bisa menjawab secara tepat, apa itu Empat Pilar MPR RI yang merupakan kumpulan nilai-nilai bangsa Indonesia?" ujarnya.      

Kali ini, Bamsoet memilih 6 peserta secara acak untuk naik panggung menjawab pertanyaan kuis. Mekanisme penilaian tetap sama. Penonton yang menjadi juri yang memutuskan siapa yang menjadi pemenang.         

Untuk pertanyaan kedua, keluar sebagai pemenang adalah Pandi Hidayat dari Pengda Perbakin Kepulauan Riau yang memperoleh hadiah dari Bamsoet berupa satu unit motor listrik tercanggih merek 'Gesits' buatan dalam negeri, karya anak bangsa seharga Rp 24 juta on the road.        

Berita Terkait : Sukses Sosialisasi 4 Pilar MPR dengan Cara Baru, Bamsoet Terima Dua Rekor MURI

Selesai kuis, Bamsoet sangat mengapresiasi pengetahuan dan pemahaman para peserta Kejuaran Menembak Nasional Legislator Championship 2020, seputar Pancasila dan Empat Pilar dengan sangat baik. “Saya berharap seluruh peserta dan anak bangsa tidak saja hafal, namun juga memahami makna yang terkandung di dalamnya butir-butir Pancasila, UUD NR 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi jati diri bangsa Indonesia," tegasnya. [USU]