Soal New Normal Ala Menkes, Anggota Fraksi PAN: Jangan Terlalu Gembira

Saleh Partaonan Daulay/Ist
Klik untuk perbesar
Saleh Partaonan Daulay/Ist

RMco.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay merespons biasa saja ihwal New Normal ala pemerintah. Saleh mengimbau masyarakat tetap waspada di tengah situasi perang melawan wabah virus corona.

“Jangan terlalu gembira dengan aturan Kemenkes ini. Tetap berhati-hati. Perang melawan corona belum usai. Tidak hanya di negara kita, di negara lain pun sama,” ujar Saleh melalui keterangan tertulis.

Berita Terkait : Saat Lebaran, Pimpinan DPR di Rumah Saja Tak Terima Tamu

Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020, tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri. Tujuannya, untuk mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Menurut Saleh, tanpa ada Keputusan Menkes sudah banyak masyarakat yang beraktivitas di tengah pandemi. Termasuk, kalangan industri.

Berita Terkait : Berikan Bantuan Ke Konstituen, Wayan Sudirta Tidak Lupakan Pak Yos

“Tanpa ada keputusan, hal-hal yang diatur itu sudah diketahui banyak orang. Apalagi perusahan dan industri. Bahkan sebagian besar telah melaksanakan apa yang ada dalam keputusan itu,” katanya.

Untuk itu, Saleh menyebut Keputusan Menkes tidak akan membawa perubahan baru. Bahkan, tidak tepat jika dikategorikan sebagai New Normal karena sudah banyak yang melakukannya.

Berita Terkait : PKB Sebar Sembako dan Duit Untuk Warga Demak Jabodetabek

Keputusan Menkes ini, katanya, justru akan menjadi pembenaran bagi masyarakat untuk melonggarkan sendiri aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Konsekuensinya, jalanan akan ramai kembali. Pasar-pasar, mall-mall, industri, perkantoran dan tempat kerja lainnya dipastikan akan ramai. Saya menilai, ini masih rawan. Apalagi faktanya virus Covid-19 belum bisa diputus mata rantai penyebarannya,” tutupnya. [BSH]