RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi ketegasan Presiden Jokowi yang meminta pemerintah daerah segera menyerap dan membelanjakan anggaran senilai Rp 170 triliun yang masih mengendap di bank. Dengan segera membelanjakan anggaran tersebut, diharapkan akan menggenjot laju perekonomian Indonesia di kuartal III-2020.

"Anggaran pemerintah daerah sebesar Rp 170 triliun yang masih mengendap di bank bukanlah jumlah yang sedikit. Langkah Presiden Joko Widodo yang meminta pemerintah daerah segera membelanjakan anggaran tersebut sangat tepat guna menggerakan roda perekonomian Indonesia," ujar politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, di Jakarta, Jumat (17/7).

Berita Terkait : Ngobras Bamsoet, Omzet Pedagang Sate Kiloan di Sentul Turun 50 Persen

Mantan Ketua DPR mengingatkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2020 hanya sebesar 2,9 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut turun jika dibandingkan kuartal I-2019 yang tumbuh hingga 5,07 persen.

"Di kuartal ke II tahun 2020 ini pun pertumbuhan ekonomi kemungkinan besar akan kembali menurun tajam. Bahkan, KADIN Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2020 akan merosot -4 hingga -6 persen," kata Bamsoet.

Berita Terkait : Bamsoet: PSBB Ketat Harus Dibarengi Sanksi Keras

Karenanya, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia meminta Pemda mempercepat realisasi belanja yang masih mengendap di bank. Khususnya, belanja modal yang dianggap paling berdampak bagi perekonomian daerah.

"Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, kita tidak bisa berharap pada investasi swasta. Hanya belanja pemerintah yang bisa diharapkan menyelamatkan laju perekonomian Indonesia. Momentumnya ada di kuartal III pada bulan Juli hingga Agustus 2020 ini," pungkas Bamsoet. [USU]