RMco.id  Rakyat Merdeka - Pidato Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan MPR mendapatkan antusiasme luar biasa dari pengunjung sidang. Pidato disampaikan Jokowi dalam rangka penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara. Pidato dibacakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

Sidang tahun ini terasa berbeda sebab digelar di tengah pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaan sidang menyesuaikan kondisi. Antara lain, pemberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan pengaturan jaga jarak. Prosedur kehadiran para anggota MPR, tamu kehormatan dan tamu undangan pun diberlakukan pembatasan menjadi dua kategori yakni kehadiran fisik dan virtual. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus.

Berita Terkait : Ini Susunan Lengkap Kepengurusan Partai Gerindra Yang Baru

Pada sidang ini, Presiden Jokowi dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengenakan busana adat suku Sabu NTT. Hadir dalam sidang ini, Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Peserta sidang ada yang hadir secara fisik dan ada secara virtual. Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syariefuddin Hasan, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, Fadel Muhammad dan Hidayat Nur Wahid hadir secara virtual. Kemudian, sebanyak 161 anggota MPR hadir secara fisik dan 274 anggota secara virtual.

Sidang juga dihadiri para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, para Pimpinan lembaga-lembaga negara DPR, DPD, BPK, MA, MK, KY. Selain itu, tamu kehormatan yang hadir secara virtual antara lain Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz dan Wakil Presiden ke-11 Boediono. Terlihat juga hadir para Pimpinan parpol antara lain, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berita Terkait : Manggung Di PBB, Biasanya Jokowi Kasih Ke Wapres

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diiringi musik dari Gita Mahaswara Orchestra, tepat pukul 09.03, Ketua MPR sebagai Pimpinan Sidang membuka secara resmi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2020, sekaligus memberikan pidato pengantar sidang.

Dalam pidatonya, Ketua MPR sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran secara langsung Presiden dan Wakil Presiden RI dalam penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR.

Berita Terkait : Presiden Jokowi: Kesehatan Baik, Ekonomi Baik

"Rasa syukur yang mendalam juga patut kami persembahkan, di tengah keprihatinan kita bersama menghadapi bencana nasional pandemi Covid-19 yang berdampak luas terhadap berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita masih dapat melaksanakan agenda penting kenegaraan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, meskipun dengan segala kesederhanaan dan keterbatasan," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Bamsoet, segala keterbatasan tersebut tidak akan mengurangi semangat kenegarawanan semua untuk terus bergotong royong, membangun kebersamaan, dan persatuan di atas pondasi nilai-nilai luhur bangsa, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. (QAR/TIM)