RMco.id  Rakyat Merdeka - Politisi PDIP Effendi Simbolon mendukung Presiden Jokowi dalam mengoptimalkan sektor pertanian. Banyak komoditas pertanian yang berpotensi dikembangkan meskipun di tengah wabah virus corona. 

Anggota Komisi I itu mencontohkan di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, yang sepanjang 2020 sudah bisa melakukan ekspor perdana bawang putih ke Taiwan hingga 1.000 ton. Padahal selama ini, ujarnya, Indonesia selalu dinonabatkan sebagai negara pengimpor bawang putih guna memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Walaupun masih dalam skala kecil tapi ini momentum semacam ekspor kita yang dimulai dari komoditi yang selama ini kita impor. Bahwa di belahan Indonesia ini sudah ada ekspor seperti bawang putih yang akan berdampak langsung pada pemberdayaan di dalam negeri, produksi kita, petani kita sendiri," kata Effendi di Jakarta, Sabtu (15/8).

Berita Terkait : Cukai Hasil Tembakau Dipatok Rp 172 T, Begini Kata Misbakhun

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Namun sayangnya selama ini kebutuhan konsumsi selalu mengandalkan impor. Krisis ini dinilainya bisa menjadi momentum untuk memperbaiki kualitas pertanian di Tanah Air. 

"Saya lihat di berbagai wilayah kita punya pertanian, tapi karena mungkin selama ini kita konsumsinya tergantung impor sehingga tidak terkoordinir dengan baik penanganannya," sebut politisi kawakan ini. 

Effendi mengaku informasi ekspor perdana bawang putih di Brebes merupakan contoh riil yang harus didukung dan dikembangkan untuk berbagai komoditi pertanian lainnya. Menurut Effendi, DPR menyambut baik dan mendorong pemerintah meneruskan dan melipatgandakan kemampuan ekspor. 

Berita Terkait : DPR: Banyak Pejabat Tak Paham Kondisi Lapangan

"Lagi-lagi pertarungannya adalah para pelaku importir yang sengaja menjegal ini semua dengan kemampuan kita melakukan penetrasi pasar internasional. Ini faktanya kita bisa ekspor," tegasnya.

Karena itu, Effendi mendesak pemerintah untuk menunjukkan political will dalam pengembangan sektor pertanian. Apalagi berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik, sektor pertanian adalah sedikit sektor yang masih mengalami pertumbuhan ketika sektor lainnya banyak yang kolaps. Ini merupakan kabar gembira di tengah wabah pandemi Covid-19. 

Dia mendorong, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perekonomian memanfaatkan potensi pertanian lokal di setiap daerah. "Menkeu juga boleh memberikan stimulus langsung bagi daerah yang bisa memberikan nilai plus dengan ekspor. Bukan hanya bawang putih yang bisa memberikan nilai tambah ke petani dan stakeholders," kata Effendi. 

Berita Terkait : Puan Pintar Main Peran Di Senayan

Untuk diketahui, dalam pidato kenegaraan Jumat (14/8), Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk tidak hanya memikirkan selamat dari pandemi tapi juga menjadikan krisis sebagai batu loncatan ke depan. [UMM]