RMco.id  Rakyat Merdeka - Komisi VIII DPR mendukung penuh usulan anggaran yang disampaikan masing-masing Unit Kerja (UKE) Eselon I Kementerian Sosial (Kemensos). Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), dibahas usulan anggaran Kemensos dimana Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2021 mencapai Rp 92,817 triliun.

Dalam paparan dan pengantarnya pada RDP yang digelar di Senayan, kemarin. Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras menyampaikan, Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 92,817 triliun tersebut, alokasi anggaran terbesar masih difokuskan kepada prioritas nasional dalam program perlindungan sosial mencapai Rp 91 triliun atau 98,04 persen, selebihnya untuk dukungan manajemen. “Dari anggaran untuk perlindungan sosial tersebut tersebar di masing masing unit kerja Eselon I,” kata Hartono Laras.

Berita Terkait : Puan Pastikan DPR Tetap Produktif di Masa Pandemi

Dalam penjelasannya, masing-masing pimpinan UKE I menjelaskan alokasi dan penggunaan anggran, di dalamnya tercermin untuk merespons dampak pandemi Covid-19 dan penguatan program yang tertunda.

Seperti Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) akan menganggarkan program Bantuan Sosial Tunai untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tahun 2021, di samping program kartu sembako.

Berita Terkait : Puan Maharani : DPR Dukung Penguatan Bidang Maritim

Sementara, untuk Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Ditjen Linjamsos), melanjutkan Program Keluarga Harapan dan menambah cakupan komponen Program Keluarga Harapan (PKH).
 Selanjutnya