RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Syarief  Hasan berharap, para pemuda dan pemudi  Indonesia memiliki karakter Pancasila. Nilai-nilai Pancasila harus mendarah daging di dalam perilaku sehari-sehari mereka.

"Sebab, dalam diri pemuda tersimpan potensi besar yang bisa menjadi kekuatan jika terus dikembangkan dengan baik," kata Syarief dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR dengan komunitas Pasukan Kang H Anton S Suratto (PASKHASS) Bogor, di lapangan Demokrat Sport Center, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (5/10). 

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Fraksi Demokrat MPR Anton Sukartono Suratto dan peserta dari kalangan pelajar se-Kabupaten Bogor. Syarief menjelaskan, salah satu nilai Pancasila adalah pantang menyerah, tidak ragu-ragu dan konsisten.

Berita Terkait : Basarah Ingatkan ASN Wajib Patuhi Pancasila 

"Pergunakanlah potensi-potensi tersebut untuk mengangkat bangsa ini.  Beranilah tampil menyuarakan persatuan, keadilan, kemanusiaan dalam setiap kesempatan.  Jadikan itu kebiasaan," imbaunya.

Namun begitu, Syarif mengatakan, banyak dari mereka yang kurang memaksimalkan potensinya tersebut. 

"Saya maklum. Kemungkinan karena kurang percaya diri, takut salah, takut gagal. Nah, untuk itu harus banyak-banyak latihan atau melihat contoh-contoh bagus. Jangan berat-berat.  Dari hal yang sederhana saja seperti menghafal Pancasila," ujarnya.

Berita Terkait : Ketua MPR: Jadikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk Terus Teguhkan Ideologi Bangsa

Di tengah pemaparan, Syarief  menguji keberanian peserta dengan memberikan tantangan untuk maju ke depan menyebutkan sila-sila Pancasila secara urut dan lengkap. Hal itu direspons Syaharani, seorang pelajar putri. Ia mengangkat tangan, meraih mikropon dan dengan lantang menjawab secara benar.

  "Jawaban betul. Luar biasa sekali anak muda kita ini. Ini adalah teladan baik buat semua," puji Syarief.

Syarief berpesan, agar para pelajar tetap rajin dalam menuntut ilmu pengetahuan dan tetap konsisten menyelaraskan intelektualitas dengan Pancasila sehingga akan muncul  manusia Indonesia yang mampu menjawab berbagai masalah bangsa. QAR