RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (Gus Jazil) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk meningkatkan kualitas  sumber daya manusia (SDM). Sebab,  majunya sebuah daerah sangat dipengaruhi SDM.

Gus Jazil menuturkan, Kabupaten Lombok Utara memiliki berbagai potensi. Sehingga memerlukan SDM unggul untuk mengembangkan daerah.

“Syarat menjadikan daerah Lombok Utara berkembang dan maju adalah masyarakatnya harus menjadi manusia yang unggul dan mumpuni,” kata Gus Jazil usai menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Lombok Utara, Selasa (3/11).

Baca Juga : Positif Covid-19, Ketua KPU Sumsel Meninggal Dunia

Acara ini dihadiri tokoh dan pejabat Lombok Utara. Acara juga dihadiri Bupati pertama Lombok Utara (periode 2010 – 2015) H. Johan Sjamsu.

Diketahui, Kabupaten Lombok Utara merupakan kabupaten pemekaran pada tahun 2008 dan mulai resmi secara administratif tahun 2009. Sebelumnya Kabupaten Lombok Utara masih menjadi bagian dari Kabupaten Lombok Barat.  Berpenduduk sekitar 250 ribu jiwa, Kabupaten Lombok Utara memiiki potensi sebagai daerah  wisata, pertanian, perkebunan, dan peternakan.  Pada awal pemekaran, tingkat kemiskinan di Kabupaten Lombok Utara cukup tinggi, yaitu 43,1 persen. Selama lima tahun menjabat sebagai Bupati Lombok Utara, Johan Sjamsu berhasil menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 9,1 persen. Meski demikian, Kabupaten Lombok Utara masih menjadi daerah tertinggal satu-satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Melanjutkan keterangannya, Gus Jazil yakin Lombok Utara bisa menjadi daerah maju.

Baca Juga : Loyo Diawal, Praveen/Melati Harus Puas Jadi Runner-Up Di Thailand Open

“Dengan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Lombok Utara bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya di NTB. Karena itu sumber daya manusia harus diperbaiki dan ditingkatkan menjadi unggul dan mumpuni,” paparnya.

Gus Jazil  mengingatkan pemimpin Kabupaten Lombok Utara untuk mengutamakan peningkatan sumber daya manusia. Kabupaten Lombok Utara akan memilih pemimpin baru pada Pilkada Serentak 9 Desember mendatang. 

Gus Jazil berharap kepemimpinan di Kabupaten Lombok Utara bisa membuktikan dan membawa daerah Lombok Utara keluar dari status daerah tertingggal. 

Baca Juga : Dari 188, Tim DVI Polri Berhasil Identifikasi 126 Kantong Jenazah

“Ini sudah 13 tahun sejak pemekaran. Ini juga menjadi tantangan bagi pemimpin di Kabupaten Lombok Utara, termasuk juga tantangan bagi masyarakatnya. Pemimpin yang baru nanti harus bisa memberi kepastian kepada masyarakat Lombok Utara," cetusnya.QAR