Sidang Tahunan MPR, Para Undangan Sudah Datangi Gedung DPR Sejak Subuh

Klik untuk perbesar
Suasana Sidang Tahunan MPR 2019 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). (Foto: Humas MPR)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Meski acara Sidang Tahunan MPR baru akan dimulai pada Jumat (16/8) pukul 07.00 WIB, sejumlah tamu undangan sudah berdatangan di Kompleks Parlemen, Senayan, sejak subuh. 

Dari pantauan RMcoid, ratusan tamu undangan sudah memadati ruangan di Gedung Nusantara III. Ada yang mengenakan setelan jas, batik dan seragam masing-masing lembaga negara. Sejumlah counter minuman dan cemilan juga sudah dibuka sejak pukul 05.30 WIB. Penjagaan juga terlihat diperketat, mulai dari pintu masuk Jalan Gatot Soebroto dan pintu masuk bagian belakang, tepatnya di Jalan Gelora. Ada ratusan personel Polri dan TNI di sana.

Di Gedung Kura-kura, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga sudah memperketat pengamanan. Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah mengungkapkan, pihaknya akan terus mengedepankan koordinasi dengan lembaga-lembaga lain.

"Berbagai rapat koordinasi dan rapat gabungan sering kami lakukan, demi sukses dan lancarnya acara ini," kata Siti Fauziah melalui rilis tertulis, Jumat (16/8).

Berita Terkait : Pidato Presiden di Sidang Tahunan Bisa Jadi Acuan Program Pembangunan Desa 

Sesuai fungsi dan kewenangannya, Biro Humas akan bergerak cepat terutama seputar sistem dan teknis pendaftaran peliputan Sidang Tahunan. "Acara sebesar Sidang Tahunan tentu saja menarik dari sisi pemberitaan, baik oleh media massa nasional bahkan internasional," ujarnya.

Sistem Online


Dari media, seluruh rakyat Indonesia dan masyarakat dunia bisa mengakses perjalanan sidang. "Untuk itu, kami berupaya keras sekuat tenaga mengakomodasi kebutuhan akses para peliput," jelas Siti Fauziah.

Setjen MPR membentuk sistem pendaftaran dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi yang modern, menggunakan aplikasi online. Selain menghemat kertas. sistem online juga akan menghemat waktu para awak media dalam soal pendaftaran. Karena bisa dilakukan selama 24 jam, di mana saja.

Berita Terkait : Booth Pameran MPR Laris Manis Diserbu Pengunjung

"Pendaftaran dibuka sejak 25 Juli hingga 7 Agustus 2019. Selama proses pendaftaran, dari hari ke hari selalu kami pantau, cek dan ricek, koordinasi dengan pihak media massa dan kementerian/lembaga negara lainnya, untuk memastikan tidak ada kendala apa pun,” terangnya.

Menurut Siti Fauziah, respons media massa sangat antusias. Tercatat 1.165 pendaftar dari media massa nasional dan luar negeri serta kementerian/lembaga  sudah terverifikasi. "Juga sudah tercetak ID Card-nya, dan telah dibagikan pada 15 Agustus 2019," terangnya.

Di acara Sidang Tahunan, ada sisi menarik yang akan dipersembahkan Humas Setjen MPR, yakni Pameran Perpustakaan yang akan digelar di area lobi Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung Parlemen.

Selain diikuti MPR, pameran perpustakaan tersebut  juga diikuti Kementerian dan lembaga negara lainnya. Di antaranya Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Perpustakaan Nasional, dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Berita Terkait : Jokowi: Mari Kita Kuatkan Persatuan

"Kami menyelenggarakan pameran perpustakaan tersebut sebagai wadah penambahan wawasan dan pemahaman para peserta,” tutup Siti Fauziah. [QAR]