Status Anak Krakatau Siaga

BNPB Dan BNPP Wajib Siaga Penuh

Klik untuk perbesar
Ketua DPR, Bambang Soesatyo (kiri), Oesman Sapta (tengah) dan Ketua MPR, Zulkifli Hasan (kanan) saat berdoa atas musibah Tsunami yang menimpa di Banten- Lampung. (Foto: IG @bambang.soesatyo)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sejak Kamis kemarin, status Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari waspada (level II) ke siaga (level III). Dengan kondisi ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP, dulu Basarnas) diminta untuk tetap siaga penuh.

“Saya mendorong BNPB dan BNPP bersama Pemerintah Daerah (Pemda) tetap siaga dan melakukan antisipasi terhadap potensi terjadinya bencana alam di sekitar Gunung Anak Krakatau. Dengan begitu, dapat meminimalisir jatuhnya korban,” ucap Ketua DPR Bambang Soesatyo, di Jakarta, kemarin.

Sejak Kamis, Gunung Anak Krakatau terus erupsi. Dalam data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), per Jumat siang kemarin, abu vulkanik dari lutusan Gunung Anak Krakatau menye¬bar sejauh 150 kilometer dengan tinggi 10 kilometer. Atas hal ini, zona bahaya pun diperluas, dari radius 3 kilometer menjadi radius 5 kilometer.
 Selanjutnya 

RM Video