RUU Konservasi Fokus Jaga Keseimbangan Ekosistem

Klik untuk perbesar
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. Pribadi)

RMco.id  Rakyat Merdeka - DPR sedang tengah membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (KSDAHE). Ketua DPR Bambang Soesatyo memberikan pesan khusus ke para pembahas agar RUU tersebut bisa segera rampung.

RUU ini dibahas Komisi IV DPR. Dari pihak Pemerintah, yang terlibat pembahasan RUU ini antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Berita Terkait : Ketua DPR: Dorong Anak Muda Peduli Dampak Otomatisasi dan Digitalisasi Perekonomian


Bamsoet, demikian sapaan Bambang, meminta fraksi-fraksi di DPR dan Pemerintah memfokuskan pembahasan RUU KSDAHE pada hal yang dianggap krusial. “Seperti dalam hal menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan flora, fauna, dan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia secara berkelanjutan,” ucapnya.

Politisi Partai Golkar itu juga meminta agar Panitia Kerja (Panja) Komisi IV DPR dan Pemerintah secara bersama-sama mempersiapkan RUU KSDAHE sebagai Undang-Undang (UU) yang komprehensif dan sistematis. Sebab, pengaturan mengenai konservasi sumber daya alam sangat penting. Terutama mengenai filosofi konservasi, prinsip-prinsip ekologi, serta konstitusionalitas dan implementasinya.

Berita Terkait : Harga Garam Petani Anjlok, Penetapan HET Mendesak

Dalam pembahasan, dia menekankan agar Panja Komisi IV dan Pemerintah tidak keukeuh dengan konsep yang dibawa masing-masing. Panja Komisi IV dan Pemerintah harus mau membuka ruang koreksi atas materi RUU KSDAHE.


“Seraplah berbagai aspirasi yang masuk. Khususnya terkait hak penguasaan negara atas SDA (Sumber Daya Alam) sebagaimana diatur dalam Pasal 33 ayat (3) UUD 1945, yaitu bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” terang Bamsoet.

Berita Terkait : DPR Siap Dukung Pemerintah Lakukan Terobosan Ekonomi

Yang terakhir, dia meminta Panja Komisi IV DPR bersama Pemerintah berkomitmen menyelesaikan pembahasan RUU KSDAHE dengan cepat. Dia ingin RUU ini mampu disahkan di DPR periode ini. Sebab, kalau tak rampung di periode ini, DPR periode baru nanti tidak bisa ujug-ujug melanjutkan pembahasan. Pembahasannya harus dimulai dari awal lagi. Hal tersebut membuat pembahasan kembali berlarut-larut.

Menurut Bamsoet, pengesahan secara cepat RUU ini sangat penting. “Guna mewujudkan tata kelola kawasan konservasi yang terarah dan berkesinambungan,” tandasnya. [ONI]

RM Video