Gerindra Puji Mentan

Pangan Tetap Aman Sampai Tahun Depan

Klik untuk perbesar
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (kanan). (Foto : Twitter @Amran_Sulaiman1)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) memasok kebutuhan pokok dianggap semakin membaik. Berkat kinerja itu, harga barang-barang kebutuhan pokok relatif stabil.

“Yang dilakukan Mentan (Menteri Pertanian, Amran Sulaiman) sudah makin baik. Kemarin saya baru pulang dari Palembang, pasokan dan harga-harga pangan masih stabil,” ucap Anggota Komisi IV DPR, Darori Wonodipuro, di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Gerindra: Program Swasembada Pangan Membingungkan

Melihat kinerja Amran selama ini, Darori yakin, stabilitas harga pangan akan selalu aman. Bukan cuma sampai Natal dan Tahun Baru, tapi hingga tahun depan. “Saya optimis, pasokan dan harga akan tetap terjadi hingga tahun depan,” ucap politik Partai Gerindra ini.

Dia mengakui, masalah harga pangan sangat rentan bergejolak. Namun, kondisinya tidak selalu karena pasokan yang kurang. Gejolak harga sering terjadi justru karena ulah pedagang dan tengkulak nakal. Untuk mengatasi hal itu, Satgas Pangan harus sigap.

Berita Terkait : Tantang Pacman, Thurman Mau Gantiin Mayweather

“Masalah tengkulak atau para pedagang besar ini kan kadang sengaja menaikkan harga. Makanya, Satgas Pangan harus terus mengawasi pergerakan harga itu,” harapnya.

Di tempat terpisah, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan, dalam 4 tahun terakhir, banyak capaian yang diraih Kementan yang memberi andil pada pertumbuhan ekonomi nasional. Pertama, inflasi pangan dari 10,57 persen pada 2014 turun menjadi 1,26 persen di 2017. Di saat yang sama, pendapatan petani naik.

Berita Terkait : Menhub: Minggu Ini Ya...

“Berdasarkan surat BPS (Badan Pusat Statistik) yang kami terima, inflasi pangan kita turun. Ada yang khawatir, jika inflasi pangan turun pendapatan petani ikut turun. Tetapi, kami menekan disparitas yang ada selama ini.
 Selanjutnya 

RM Video