Melihat Keakraban OSO Dengan Anwar Ibrahim (1)

Galak Di Udara, Lembut Di Darat

Klik untuk perbesar
Anwar Ibrahim diapit Ketua DPD Oesman Sapta dan Anggota DPD asal Aceh, Ghazali Abas, di Kualalumpur, Rabu (5/12). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Hampir 3 bulan jadi anggota DPR Malaysia, Anwar Ibrahim cerita dari hati ke hati dengan sahabat karibnya, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta. Di ruangan kerjanya yang mungil dan sederhana, di gedung Parlimen Malaysia, Rabu (5/12).   

Namanya besar tapi sombongnya kecil. Itulah Anwar Ibrahim. Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang sekarang jadi anggota DPR Malaysia tepatnya anggota Dewan Rakyat Malaysia itu, benar-benar ramah. Rendah hati. Kakinya “menginjak bumi” meski dalam waktu tak lama lagi dia akan “melangit”. Menjadi Perdana Menteri Malaysia berikutnya. 

Berita Terkait : Pasang Foto Dengan Mahathir, Anwar Digodain Warganet

Anwar tak minta diistimewakan. Dia tak minta dimanjakan. Berkali-kali disakiti, dicurangi dan “dibunuh” kariernya oleh lawan-lawan politik, dia tidak dendam. Dia mengajarkan politik sehat. Juga politik sabar.


Baru-baru ini, dia bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara. Kepada kawannya itu, Anwar tunjukkan bukti “politik sabar”. “Erdogan tanya saya: when..?” ucap Anwar. Lengkapnya, Erdogan tanya kapan Anwar jadi Perdana Menteri Malaysia. “Anda jawab apa?” tanya OSO sambil tersenyum dan memegang erat tangan Anwar. “Sabar, saya bilang begitu,” kata Anwar.

Berita Terkait : Pengawasan Umroh Bakal Diperketat

Wajar, Erdogan dan OSO bertanya soal itu. Karena, Anwar sudah mendapat janji politik dari Mahathir Muhammad, Perdana Menteri saat ini. Sebelum menumbangkan Najib, Mahathir menyatakan tak akan full menjadi Perdana Menteri. Karena umurnya sudah manula, Mahathir akan membagi singgasananya itu dengan Anwar.

Anwar memang tak semanula Mahathir. Tapi, Anwar juga tak muda lagi. Anwar tak seperti di youtube yang menggelegar saat orasi. Menggema saat di podium. Menggetarkan saat takbir. Anwar kini lebih kalem. “Pak Jokowi tanya ini Pak Anwar ya,” kata OSO. OSO menyebut Jokowi kaget melihat Anwar yang kalau dilihat “di udara” begitu meledak-ledak, tapi ketika bertemu “ di darat” begitu lembut.

Berita Terkait : Putri Anwar Ibrahim Pilih, Mundur Dari Wapres PKR

“Memang, saya tak seperti dulu,” Anwar menegaskan sambil menunjukkan dua tangan ke bawah. [RCH]