RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta (OSO), mengadakan acara buka puasa bersama Cawapres 01 01, KH Ma’ruf Amin, di kediamannya, Senin (3/6). OSO menyampaikan ucapan selamat ke Kiai Ma’ruf sebagai cawapres terpilih.

OSO yakin, sebagai pendamping Jokowi, Kiai Ma’ruf dapat menjalankan tugas dengan baik sebagai wapres, dan membawa Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat. Pukul 16.30 WIB, rombongan Ma’ruf Amin tiba di kediaman OSO, Jalan Karang Asem Nomor 34, Jakarta Selatan.

Turun dari Toyota Alphard hitam dengan nomor polisi B 5 MRF, Ma’ruf Amin bersama sang istri, Wury Estu Handayani, langsung disambut OSO dan sang istri, Serviati Oesman. Mereka kemudian berjalan memasuki kediaman OSO, dan melanjutkan perbincangan di dalam rumah.

Pertemuan keduanya berlangsung tertutup untuk awak media. Selain keluarga dari kedua tokoh, acara tersebut juga dihadiri sejumlah anggota DPD dan pimpinan media massa. Tampak hadir Ketua Komite I DPD Benny Rhamdani, Anggota DPD Abdul Aziz Khafia, Anggota DPD Delis Jukarson Hehi, serta Sekjen DPD Reydonnyzar Moenek.

Baca Juga : GMNI Siap Gugat Undang-Undang Cipta Kerja Ke Mahkamah Konstitusi

Dari jajaran pimpinan media massa, tampak hadir Direktur Utama Rakyat Merdeka (RM) Group Margiono, Direktur RM Kiki Iswara, Pemimpin Umum RM Ratna Susilowati, Pemimpin Redaksi Koran Jakarta Marthen Selamet Susanto, dan Pemimpin Redaksi Metro TV Don Bosco Selamun. Ustad kondang Yusuf Mansyur dan senator terpilih asal Papua Yorrys Raweyai, juga hadir dalam acara tersebut.

Lantunan ayat suci Qur’an mengawali pembukaan acara. Acara dilanjutkan dengan serangkaian sambutan dan tausiah dari Ustad Yusuf Mansur.

Dalam sambutannya, OSO mengungkapkan, dirinya dan keluarga sebenarnya ingin mengundang Ma’ruf Amin dan istri, saja. Hanya saja, tidak enak rasanya kalau buka puasa cuma berempat. Karena itu, dirinya berinisiatif mengundang sejumlah tamu lainnya. “Kami mengundang KH Ma’ruf dan Ibu saat acara berbuka besama Presiden Jokowi. Saat itu, kami berharap kiai hadir, tapi sudah di-booking orang lain. Karenanya, kami buat acara pada hari ini supaya afdol,” ujar OSO.

Dalam kesempatan itu, OSO juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Ma’ruf Amin sebagai wapres 2019- 2024. Ia meyakini, Ma’ruf Amin dapat menjalankan tugas dengan baik. “Saya yakin, ini akan berjalan dengan baik dan harus berjalan dengan baik. Bagaimanapun, bangsa kita adalah bangsa yang bermartabat,” harap Ketua Umum Partai Hanura itu.

Baca Juga : Kebutuhannya Naik Terus, Kemenperin Genjot Produksi Garam Industri

OSO menambahkan, prosesi penetapan presiden dan wapres terpilih harus dilakukan secara bermartabat. Menurutnya, tidak ada hal-hal yang dapat dilakukan dengan cara melanggar aturan dan Undang-Undang (UU), yang telah ditetapkan oleh negara ini. “Kalau di luar undang-undang, itu artinya makar,” tegas Senator dari Kalimantan Barat (Kalbar) itu.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin mengajak semua pihak untuk meneladani sikap toleran yang ditunjukkan para pendiri bangsa. Apalagi, bangsa Indonesia telah melewati momen penyelengaraan Pileg dan Pilpres 2019, dan hasilnya sudah diumumkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum).

“Walaupun bangsa kita majemuk, berbeda agama dan suku, tapi mereka bisa menyelesaikan perbedaan itu. Tidak mudah menyamakan pandangan. Namun, sikap-sikap toleran dan lapang dada membuat kita bisa menerima perbedaan dan menemukan titik temu melalui NKRI, Pancasila, dan Undang- Undang Dasar 1945,” ujarnya.

Ma’ruf Amin juga berharap, semua pihak, termasuk para elite di negeri ini bisa menunjukkan sikap toleran dan lapang dada. Dengan begitu, seluruh persoalan bangsa dapat diselesaikan tanpa ada perpecahan. “Kita harapkan warisan sikap perilaku yang diwariskan pendahulu kita itu terus kita jaga. Karena itu perbedaan yang terus terjadi, tetap bisa terselesaikan melalui toleran dan lapang dada,” jelas dia.

Baca Juga : Kirgizstan, Negara Pecahan Uni Soviet Yang Kini Kacau

Ma’ruf Amin juga memastikan, Jokowi dan Prabowo Subianto sama- sama mencari waktu yang tepat untuk bertemu. Secara personal, pihaknya terus melakukan rekonsiliasi dan masing-masing pihak. Termasuk Jokowi, juga siap untuk bertemu dalam rangka melakukan rekonsiliasi.

“Kalau secara formal, Pak Jokowi dan Pak Prabowo itu mencari waktu yang tepat yang bisa dua-duanya bisa ketemu. Cuma mencocokkan waktunya. Secara personal, kami terus membangun hubungan,” tandasnya. [ONI]