Soal Perbaikan Gugatan

TKN Minta Tunggu Putusan Akhir MK

Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Arsul Sani. (Foto: Istimewa).
Klik untuk perbesar
Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Arsul Sani. (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf meminta kepada BPN Prabowo-Sandi tidak terburu-buru bangga terkait pemaparan dalil perbaikan.

Pasalnya permohonan tersebut belum diputuskan apakah diterima atau ditolak oleh MK. “Apakah yang perbaikan atau penambahan materi atau substansi yang baru diajukan akan diterima atau tidak, maka MK menyatakan akan memutuskannya dalam putusan akhir,” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Arsul Sani dalam keterangannya.

Baca Juga : Ginandjar Bicara Corona dan Penguatan Kerjasama

Selain itu, Arsul Sani juga mengapresiasi Ketua MK Anwar Usman yang telah memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk memaparkan pendapat. Kemudian jalannya sidang perdana juga telah baik karena semua pihak dapat menjaga ketertiban.

“Ketua Majelis memberikan kesempatan bicara yang cukup luas kepada para pihak dan ini cukup adil. Meski terkait jangka waktu bagi kami menyampaikan keterangan pihak terkait sebetulnya pendek sekali dibanding dengan waktu pemohon, sehingga dari sisi waktu sebetulnya adilnya tidak sama,” ujarnya.

Baca Juga : Indikator Kinerja Makro Subsektor Hortikultura Makin Baik

Dari Ketua Tim Hukum Jokowi-Amin, Yusril Ihza Mahendra mengungkapkan memang ada yang berbeda dari sikap para hakim mengenai paparan perbaikan gugatan dari kubu sebelah yang di luar Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK).

Namun dia tetap menghormati keputusan yang diambil para hakim. “Pak Wayan (Anggota Hakim) panjang lebar mengutip pasal-pasal PMK dan undang-undang mengenai hukum acaranya, kami nyatakan ini bukan soal kekosongan hukum, karena kekosongan hukum sudah diatasi oleh PMK, bahwa kemudian PMK-nya dikesampingkan oleh majelis hakim kami menghormati, itulah keputusan majelis hakim,” ucapnya.

Baca Juga : Pemerintah Diminta Serius Cegah Alih Fungsi Lahan

Sementara itu, Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Amin, Ade Irfan Pulungan menanggapi manuver yang dilakukan kubu Prabowo-Sandi di MK. Menurutnya sengketa Pilpres 2019 yang sedang berjalan ini tetap akan memenangkan pasangan Jokowi-Amin.

“Dalil-dalil yang mereka sampaikan tidak menjelaskan secara utuh tentang kecurangan-kecurangan atau angka-angka yang menjadi kewenangan MK. Mereka hanya menjelaskan narasi-narasi tentang kecurangan yang sebenarnya sudah dilakukan proses hukumnya di Bawaslu,” pungkasnya. [MHS]