Jika Dimintai Masukan

PDIP Siap Usulkan Formasi Menteri

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga. (Foto: Istimewa).
Klik untuk perbesar
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga. (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Selaku partai pengusung, PDIP siap memberikan usulan terkait nomenklatur kabinet Jokowi di periode kedua. Tapi, usulan tersebut hanya diberikan jika Jokowi membutuhkan masukan dari Banteng.

Politisi PDIP Eriko Sotarduga mengatakan, partainya sangat menghormati Jokowi sebagai kader terbaiknya untuk menentukan nomenklatur kabinet dan formasi menteri.

“Mengenai nomenklatur sah-sah saja meminta masukan, PDIP siap, artinya memberikan nomenklatur yang sesuai evaluasi 5 tahun seperti apa. Tapi tentu kami tidak ingin mendahului apa yang dikehendaki Presiden,” kata Eriko di gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Guyon Maton Pak Menteri

Namun, sampai saat ini, kata Eriko, belum ada pembicaraan soal nomenklatur kabinet dari Jokowi dengan pimpinan partai, baik secara formal maupun non formal. Bila ada pembicaraan, maka pembicaraan itu bakal melibatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Eriko mengakui, sejumlah isu terkait perombakan jumlah kementerian hingga penyatuan kementerian juga sudah mulai muncul. Format kabinet 2019 - 2024, lanjut dia, harus dipikirkan matang berdasarkan evaluasi pemerintahan yang sebelumnya.

“Ini kan keputusan penting dalam 5 tahun ke depan,” ujarnya. Kendati begitu, PDIP juga akan menyiapkan kadernya untuk mengisi kursi Kabinet Kerja.

Baca Juga : Sambangi Sejumlah Lokasi, KPK Tak Mampu Temukan Harun Masiku

Sementara, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku belum ada pengajuan nama calon menteri dari parpol yang dipimpinnya ke Presiden.

“Belum-belum, belum ada pengajuan sama sekali, kita belum bahas” kata Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar.

Pemilihan menteri untuk Kabinet Kerja Jilid II, kata dia, tentu sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden. Bahkan pertemuan dirinya dengan Ketua umum Partai Nasdem Surya Paloh, kemarin, juga tidak menyinggung komposisi menteri yang akan diusulkan ke Presiden.

Baca Juga : Basarnas Punya 2 Kapal Baru, Ini Kelebihannya

“Hanya soal soliditas, belum ada rumusan yang lain,” katanya. Perbincangan sekitar satu jam bersama Surya Paloh, kata dia, menyangkut soal memperkokoh koalisi menghadapi pemerintahan Jokowi periode kedua.

“Bagaimana koalisi ini solid, dan saya datang hanya mengucapkan selamat ulang tahun meskipun terlambat. Belum ada pembicaraan serius,"katanya. [MHS]