Soal Calon Walikota, Gibran Banjir Dukungan

Klik untuk perbesar
Gibran Rakabuming (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Gibran Rakabuming Raka sebenarnya belum menyatakan kesiapan untuk maju di Pilwalkot Solo pada 2020. Namun, dukungan untuk putra sulung Presiden Jokowi ini, terus mengalir. Bukan cuma dari ke lompok koalisi. Partai-partai oposisi juga turut mendukungnya. 

Awalnya, nama Gibran muncul sebagai kandidat Cawalkot Solo dalam survei yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri), yang dirilis Kamis lalu. Sebenarnya bukan cuma Gibran. Adiknya, Kaesang Pangarep, juga muncul. Namun, popularitas Gibran lebih tinggi. Bahkan dibanding kandidat-kandidat lain. Mencapai 90 persen. 

Kemarin, Gibran mengomentari hasil suveri ini. Pemilik usaha Mar kobar dan katering Chilli Pari ini mengaku, masih fokus ngurus bisnisnya. Tidak memikirkan politik. Namun begitu, dia berseloroh, minta diberi tahu kalau pendaftar 

Cawalkot Solo sudah dibuka KPU. “Kalau pembukaannya sudah dibuka, teman-teman kasih tahu saya,” ujarnya kepada wartawan, di Restoran Mbah Karto, Sukoharjo, Jawa Tengah. 

Sehari sebelumnya, saat bersama Jokowi dan Jan Ethes ngemal di Solo Paragon, dia juga mengomentari hasil survei ini. Dia sangat mengapresiasi hasil survei Unisri. 

“Terima kasih sekali untuk warga Solo yang sudah mem beri penilaian positif untuk saya. Terima kasih sekali,” tuturnya. 

Berita Terkait : Hanoman Obong dan Pembakaran Hutan

Gibran belum memberikan tandatanda tegas dan jelas. Dia justru memaparkan prinsip yang diterapkan selama ini. Yaitu harus mandiri. 

“Dari dulu prinsip saya harus mandiri. Jadi kalau jadi pengusaha yang mandiri. Kalaupun nanti jadi politikus, harus jadi politikus yang mandiri,” ungkapnya. 

Dia menerangkan, Jokowi tidak pernah memaksa apa pun. Tidak per nah mengarahkan harus ke sini atau ke sana. Semuanya bebas. 

“Semua nya yang penting harus mandiri,” tandasnya. Sikap Jokowi juga demikian. Sam bil menemani Jan Ethes, Jokowi me ngaku senang dengan hasil survei tersebut. Namun dirinya tidak akan me nyorongnyorong Gibran atau Kae sang untuk maju di Pilwalkot Solo. “Saya sebagai orang tuanya senangsanang saja. Saya serahkan sepe nuhnya sama mereka. Orang tua kan seperti itu,” kata Jokowi. 


Justru dari parpol-parpol yang si buk menyatakan dukungan. Dari par tai koalisi ada PDIP, PKB, PPP, Nasdem, dan Golkar yang sudah menyatakan dukungan. 

Sedangkan dari opisisi ada Gerindra, Demokrat, dan PKS yang sudah bersuara. Dari PDIP, yang berbicara Hasto Kristiyanto. Hanya saja, Sekjen PDIP ini menyatakan, jika Gibran mau maju dari partainya, harus mengikuti mekanisme penjaringan yang dilakukan internal PDIP.

Berita Terkait : Nanya Syarat Pendaftaran Pilwakot Solo: Gibran, Ayo Maju !

 “Kita serahkan pada kehendak rakyat. Yang jelas PDIP membuka mekanisme bagi putra-putri bangsa yang ingin berdedikasi, yang ingin menggunakan kekuasaan sebagai alat untuk menyejahterakan rakyat, ka mi membuka,” ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya, kemarin. 

Nasdem lebih longgar lagi dalam memberikan dukungan. Sebab, Nasdem melihat Gibran sebagai sosok yang cerdas dan punya kapasitas. 

“Gibran anak muda yang cerdas dan santun. Jika warga Solo mendukung dan elektabilitas Gibran bagus, pasti Nasdem mendukung,” kata Ketua DPP Nasdem, Irma Surya Chaniago. Setali dengan Nasdem, PKB juga dengan senang hati memberikan tiket untuk Gibran. 

“Tentu kami dengan senang hati akan mendukung. Apa lagi itu aspirasi masyarakat Solo. Tapi. Mas Gibran-nya siap maju nggak? Kalau siap, kami yakin Cak Imin (Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar) juga akan mendukung penca lonannya,” kata Wasekjen PKB, Daniel Johan, kemarin. 

PPP bersikap sama. Jika Gibran bersedia, PPP tak akan pilih calon lain untuk didukung di Pilwalkot Solo. 

“PPP akan bertanya dulu kepa da Mas Gibran, apa memang dia terta rik masuk dunia politik atau pemerintahan? Kalau jawabannya positif, tentu PPP tertarik untuk mengeksplorasi dukungan bagi Mas Gibran,” kata Sekjen PPP, Arsul Sani, kemarin. 

Berita Terkait : Gojek Dijegal Di Malaysia, Netizen Lambungkan #UninstallGrab

Tidak ketinggalan, Golkar juga menyatakan dukungan. Menurut mantan Ketua Umum Golkar, Akbar Tandjung, tidak masalah anak presiden maju sebagai Cawalkot Solo. “Sekarang, kalau misalnya ada partai yang memberikan dukungan untuk mencalonkan putra Pak Jokowi, kenapa tidak,” tukas Akbar, kemarin. 

Dari oposisi, Gerindra juga kepincut dengan sosok Gibran. Juga dengan Kaesang. Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono menyebut, Gibran Kaesang patut diperhitungkan dalam kontestasi Pilwalkot Solo. 

“Sebab, buah tak akan jauh dari pohonnya. Artinya, Gibran dan Kaesang mampu ya untuk memimpin Kota Solo dan tidak beda jauh kemampuannya untuk sebagai pemimpin,” kata Arief, Sabtu lalu.[SAR]