Tumben, Mau Jadi Pengurus PDIP

Risma Mau Jadi Menteri?

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini
Klik untuk perbesar
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

RMco.id  Rakyat Merdeka - Nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma makin melambung, setelah masuk dalam kepengurusan DPP PDIP 2019-2024. Ketum PDIP Megawati juga sempat heran juga, saat mengetahui Risma bersedia dijadikan pengurus partai. Apa Risma mau jadi menteri?

Megawati menunjuk Risma sebagai Ketua DPP Bidang Kebudayaan. Saat mengumumkan kepengurusan DPP, pada Sabtu (10/8) lalu, Mega mengaku baru menghubungi dan meminta kesediaan Risma sehari sebelumnya. Ketika ditawari, ternyata Risma bersedia.

“Saya pikir ajaib juga, kok mau ya? Tapi orangnya saat ini (tak bisa hadir). Sedang membongkar sekolah,” kata Mega. Soal penunjukan itu, Risma mengaku kaget. Karena baru mengetahui setelah ditujukan daftar kepengurusan oleh wartawan.

Setelah itu, Risma mau berkomentar sedikit. “Kalau perasaan saya sih biasa. Ini adalah tanggung jawab. Aku nggak bisa kalau diserahi (tanggung jawab lalu menolak). Aku nggak mau kalau namaku cuman ditulis,” kata Risma, kemarin.

Baca Juga : SaladStop! Ajak Masyarakat Cermat Demi Pelestarian Lingkungan

Penunjukan tersebut membuat Risma makin melambung. Apalagi, sebelumnya Risma digadang-gadang akan jadi menteri Jokowi. Mega juga memastikan bahwa pembantunya adalah orang-orang yang kompeten dan teruji rekam jejaknya.

Awal Agustus kemarin, nama Risma jadi perhatian setelah sejumlah pihak kembali mencoba menggadang-gadangnya jadi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup atau Menteri Sosial. Namun, Risma menolak. Kata dia, daripada bergunjing lebih baik bekerja saja.

“Pokoknya, aku ini sudah jadi menteri macam-macam,” ujarnya diiringi tawa berderai.

Terpisah, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengelak dan enggan menjawab pertanyaan, menanggapi isu ini. “Belum, belum, belum,” kata Moeldoko.

Baca Juga : Freeport Rogoh Rp 1,4 Triliun Bayar Tunggakan Pajak Air

Sementara Direktur Surabaya Survey Center Mochtar Oetomo menilai, Risma sudah sangat layak naik kelas menjadi seorang menteri. Menurutnya, apa yang dilakukan Mega dengan menarik Risma jadi pengurus DPP, adalah untuk mempersiapkan karisma politik Risma selanjutnya.

“Kemampuan Bu Risma sudah sangat luar biasa. Profesionalitasnya sudah teruji. Ya layak sekali lah untuk menjadi menteri. Beliau juga jangan hanya dilihat bahwa kader PDIP saja. Kemampuan teknokratnya, pengalamannya di birokrasi sudah sangat teruji, dan menjadi modal kuat untuk menjadi menteri,” jelas Mochtar.

Sosok Risma yang juga pernah disebut sebagai kader PDIP terbaik saat ini, menurut Mochtar, layak menduduki beberapa jabatan pos menteri. Seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, atau Menteri Koperasi dan UMKM.

Hanya saja, dalam berbagai kesempatan Risma memastikan, hingga 2021, dirinya hanya akan fokus menyelesaikan tanggung jawab sebagai Wali Kota Surabaya.

Baca Juga : Smelter Freeport Gresik Akan Dibangun 2023

Warganet ikut mengomentari masuknya Risma dalam DPP PDIP. “Ibu Risma adalah tokoh berkharisma dan pekerja keras. Penempatan beliau di DPP PDIP adalah langkah jitu dan jeli dari Ibu Mega,” ujar akun @ DamanikTomok.

Akun @MkomEliya ikut menimpali. Menurutnya, dari @ PDI_Perjuangan yang akan diangkat jadi menteri adalah nama nama yang juga jadi pengurus DPP terpilih sesuai dgn bidangnya. @basuki_ btp tidak termasuk. Sementara @ Andhika51430232 mengatakan, ibu Risma cocok banget jadi menterinya Jokowi. [BCG]