Dapil II Provinsi Jawa timur

Mantan Kepala Daerah & Eks Perwira Pasukan Katak Cari Panggung

Moekhlas Sidik (kiri) caleg dari Partai Gerindra dan Mukhamad Misbakhun (kanan) caleg dari Partai Golkar.
Klik untuk perbesar
Moekhlas Sidik (kiri) caleg dari Partai Gerindra dan Mukhamad Misbakhun (kanan) caleg dari Partai Golkar.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) II Jawa Timur (Jatim) bukan perkara gampang bagi petahana alias incumbent. Caleg potensial seperti mantan kepala daerah dan eks perwira TNI AU dari Kesatuan Komando Pasukan Katak bisa curi panggung.

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU), menyebutkan, ada 98 caleg bakal tarung di Dapil II Jatim dengan cakupan Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo.

Seperti daerah lain, dapil ini dihuni sejumlah petahana. Tapi, ada beberapa incumbent pindah dapil. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap menurunkan dua petahananya. Yakni Faisol Riza di nomor urut 1 dan Abdul Malik Haramain nomor urut 2.

Baca Juga : Ketimbang Pakai Masker, Bersihkan Layar HP Jauh Lebih Efektif

Tapi, Partai Gerindra tidak lagi menempatkan petahana, Soepriyatno. Meski demikian, caleg penggantinya cukup kompeten untuk bisa meraih kursi DPR.  Partai besutan Prabowo Subianto ini menjagokan sosok Laksdya TNI(Purn) Moekhlas Sidik dinomor urut wahid. Diketahui Moekhlas merupakan purnawirawan perwira tinggiTNI Angkatan Laut (AU) dari Satuan Komando Pasukan Katak. 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih andalkan petahana, Hamka Haq. Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia dan Penasehat MUI Pusat ini jadi pilihan utama untuk mempertahankan suara dan menempati nomor urut 1. 

Begitu pula dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Caleg incumbent Mustofa Assegaf jadi andalan. Mustofa didapuk nomor urut 1.Sedangkan Partai Demokrat tidak lagi mencalonkan Ketua Partai Demokrat Kabupaten Pasuruan, Evi Zainal Abidin. Di nomor urut 1, Demokrat mencalonkan Ketua Umum Angkatan Muda Demokat (AMD) Boyke Novrizon.

Baca Juga : Dukung UMKM Terbaik Indonesia, BNI Luncurkan Bunga Nusantara

Partai Nasdem sepertinya cukup serius untuk berebut kursi DPR di Dapil II Jatim. Beberapa tokoh, mantan kepala daerah dan eks jurnalis diplot untuk meraih kursi di Senayan.Di nomor urut 1, partai bentukkan Surya Palon ini tetap mempercayakan caleg petahana yang juga mantan Bupati Probolinggo dua periode Hasan Aminuddin. Diketahui, Hasan adalah suami dari Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sariyang terpilih di Pilkada 2013. Partai Nasdem juga diperkuat caleg lainnya. Yakni mantan Walikota Pasuruan dua periode, Aminurokhman dan mantan presenter TV nasional keturunan Arab-Indonesia, Rahma Sarita Al Jufri di nomor urut 3.

Bagaimana dengan Golkar? Partai beringin tetap menempatkan petahana Mukhamad Misbakhun di nomor urut 1. Pada Pemilu 2014, Golkar meloloskan Misbakhun sebagai caleg DPR di dapil ini. Menurut Misbakun, jika Golkar bisa meraih sekitar 320 ribu di Pemilu 2019, maka partai pimpinan Airlangga Hartarto itu bisa meloloskan dua caleg DPR.

“Kalau bertambah 100 ribu saja, Golkar Insya Allah mendapatkan dua kursi DPR. Itu harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.  Misbakhun menceritakan upayanya hingga terpilih jadi anggota DPR pada Pemilu 2009 dan Pemilu 2014. 
 Selanjutnya