RMco.id  Rakyat Merdeka - Dua paslon sudah menetapkan foto diri yang akan dipakai dalam surat suara. Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf tampil dengan nuansa putih. Sedangkan, Prabowo-Sandi serba hitam.

Hingga kemarin, Komisi Pemilihan Umum masih melakukan lelang untuk pencetakan surat suara. Rencananya, pertengahan Januari, KPU baru memulai proses cetak surat suara. Terkait dengan persiapan surat suara, masing-masing timses sudah menetapkan foto paslonnya. Bahkan foto itu pun sudah mulai disosialisasikan lewat media sosial.

Untuk paslon 01 Jokowi-Ma'ruf, foto untuk surat suara pertama kali dipamerkan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Lewat akun Instagram miliknya, Anggota Dewan Pengarah TKN itu memposting foto Jokowi-Ma'ruf.

Berita Terkait : Yusril: Putusan MA Soal Pilpres Tak Batalkan Kemenangan Jokowi-Maruf

"Alhamdulillah foto ini yg akan digunakan pasangan no 01 di kertas suara," tulis Pram dalam keterangan foto yang diunggahnya itu. Dalam foto tersebut, tampak foto Jokowi dan Ma'ruf dalam ukuran setengah badan. Baik Jokowi maupun Ma'ruf Amin mengenakan pakaian yang serasi. Baju koko panjang warna putih. Lengkap dengan peci hitam. 

Bedanya, Ma'ruf menambahkan sorban putih yang dilingkarkan ke leher. Dalam foto tersebut, keduanya tampak sedang tersenyum. Nuansa putih, jadi background foto itu.

Bagaimana dengan Prabowo-Sandi?Paslon 02 juga sudah menetapkan foto yang akan dipakai buat surat suara. Bila paslon 01 bernuansa putih, Prabowo-Sandi memilih nuansa hitam-hitam. Foto yang dipilih adalah Prabowo-Sandi mengenakan setelan jas dan dasi. Prabowo akan memakai jas hitam dan dasi merah terang lengkap dengan peci. Sedangkan Sandiaga menggunakan jas hitam dengan dasi merah marun serta peci.

Baca Juga : Bantu Dulu Rakyat Kecil

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto menyebut, foto yang dipakai dalam surat suara menunjukan karakter masing-masing. Nuansa putih, dianggap Hasto, sebagai simbol optimisme Jokowi-Ma'ruf.

"Di sini (kubu Jokowi) putih, di sana (kubu Prabowo) hitam (bajunya). Jadi dari warnanya saja kontras," canda Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, kemarin.

Hasto mengatakan, pakaian Jokowi tersebut mencerminkan keindonesiaan dan Ma'ruf Amin tetap melambangkan keulamaan dengan sarung dan sorban putihnya. "Foto itu mencerminkan bagaimana pemimpin tampil apa adanya di depan rakyat," ujar dia.
 Selanjutnya