Andai Gerindra Masuk Kabinet

Pantesnya Prabowo Menhan, Sandi UMKM

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno. (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Klik untuk perbesar
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno. (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tanda-tanda Gerindra bakal masuk kabinet semakin kuat. Jika Gerindra benar-benar ada di pemerintahan, lalu siapa yang pantas jadi menteri?

Prabowo cocok jadi Menteri Pertahanan. Sandiaga Uno cocok juga jadi Menteri Koperasi dan UKM. Ini hanya usul. Keputusan akhir kan tetap ada di tangan Presiden Jokowi. Kita lihat saja…

Informasi Gerindra mendapat jatah kursi menteri diungkapkan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin. Politikus Golkar itu mengatakan, Jokowi sudah menyediakan kursi menteri untuk Gerindra. Namun, berapa kursi menteri dan pos mana yang diberikan, Ngabalin tidak merincinya.

“Belum tahu berapa,” kata Ngabalin, kepada wartawan, kemarin. Prabowo menanggapi santai kabar tersebut. Saat ditanya wartawan soal ini, Prabowo malah tertawa.

Berita Terkait : Hasil Survei, Sandi Mulai Pepet Prabowo dan Anies

“(Yang begini) lebih tahu wartawan,” kata Ketum Gerindra itu, usai bertemu Ketum Golkar, Airlangga Hartarto, di DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, kemarin.

Sandiaga juga pernah bicara ini. Saat ditanya wartawan, dia memilih menjawab normatif. “Jadi, kalau itu (pembentukan kabinet) kan (hak) prerogatif presiden. Prerogatif presiden ya kita hormati, kita hargai,” kata Sandi, awal pekan lalu.

Secara khusus, Sandi meyakini pemerintah membutuhkan masukan dari luar. Untuk itu, perlu ada mitra kritis konstruktif dan menyampaikan pesan-pesan yang jelas demi kemajuan bangsa.

Waketum Gerindra, Arief Poyuono, terlihat sangat pede partainya bakal masuk kabinet. Kata dia, peluang Gerindra merapat koalisi Jokowi sudah 98 persen. Keputusan akhir akan diambil dalam Rakernas yang akan digelar hari ini di kediaman Prabowo, di Hambalang.

Berita Terkait : Muzani: Gerindra Harus Kuat Agar Rakyat Sejahtera

Soal menteri, Arief bilang, yang pasti Gerindra akan menyiapkan kader terbaiknya, seperti Edhy Prabowo dan Fadli Zon. Edhy Prabowo diproyeksikan sebagai Menteri Pertanian, sedangkan Fadli Zon sebagai Menteri Dalam negeri atau Menteri Pertahanan.

Pengamat politik, Alfarisi Thalib, juga melihat ada peluang besar Gerindra masuk kabinet. namun, jika benar-benar masuk, dia mengusulkan Prabowo juga jadi menteri.

Selain itu, ada dua nama lain yang bisa masuk. Mereka adalah Hashim Djojohadikusumo dan Fadli Zon. “Tiga nama (Prabowo, Hashim, dan Fadli) itu akan menjadi prioritas,” kata Alfarisi, kemarin.

Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal Hastiadi, menganggap, Sandiaga juga layak masuk kabinet. Terlebih, Sandiaga saat ini sudah resmi masuk Gerindra kembali.

Berita Terkait : Prabowo Teriak Lagi Bokek

Fithra menyebut, Sandiaga sebagai sosok yang tepat mengisi kursi Menteri Koperasi dan UKM. Sandi mampu karena cukup diterima pasar dan kompromi politiknya cukup kuat. Sandiaga pun sesuai backgroundnya. Ia pengusaha juga investor,” kata Fithra.

Di media sosial, warganet ikut meramaikan perbincangan soal menteri dari Gerindra ini. Pemilik akun @takviri menilai, Prabowo paling pantas kalau dijadikan Menteri Pertahanan. “Ini berandai-andai saja,” ujarnya. [BCG]