Jabat Komut Pertamina, Ahok Siap Mundur dari PDIP

Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: IG@basukintp)
Klik untuk perbesar
Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: IG@basukintp)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) Pertamina. Posisinya di PDIP, masih jadi pertanyaan. Apakah akan dilepas, atau tetap jadi kader partai banteng moncong putih itu?

Ditanya soal itu, Ahok belum bisa menjawab tegas. Dia hanya menyatakan akan mengikuti aturan yang ada. "Kita ikuti aturan saja," ujar Ahok di Kementerian BUMN, Jakarta,  Senin (25/11).

Berita Terkait : Ahok Calon Bos Proyek Ibu Kota Negara, Fakta Apa Hoaks

Bila aturannya memang mengharuskan dirinya mundur dari partai ketika diangkat menjadi komisaris di Pertamina, maka dia siap mengikuti aturan tersebut. "Saya nggak tahu. Kalau aturannya (harus mundur dari partai) kita ikuti aturan pasti ya," imbuh eks bupati Belitung Timur ini.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, siapapun yang ditunjuk menjadi komisaris utama di perusahaan negara harus mundur dari partai politik. Tentu termasuk Ahok.

Berita Terkait : Ahok Dijagain Erick

"Semua komisaris di BUMN, apalagi direksi harus mundur dari partai," tegas Erick di Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Jumat (22/11).

Dengan begitu, independensi direksi dan komisaris terjaga. Mereka akan bersih dari kepentingan politik. Erick juga memastikan, Ahok sudah setuju untuk mundur dari PDIP. "Iya dong (Ahok setuju). Semua nama yang diajak bicara, kita kasih tahu dari awal," tutur Erick. [OKT]