Pesta Ultah Ke-72

Mega Tak Mau Bilang “Nomornya” Prabowo

Klik untuk perbesar
Ketua Megawati Soekarnoputri (baju putih, scarf corak pink) merayakan ulang tahun yang ke-72 di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu (23/1) malam. (Foto: Randy Tri Kurniawan)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berulang tahun ke-72, Rabu (23/1). Di hari bahagianya, Mega bercanda tak mau menyebut angka dua. Soalnya nomor itu milik Prabowo
Subianto di Pilpres 2019. Netizen menanggapi, sampai segitunya Bu Mega...

“Saya baru ingat, karena salahnya kok ini tahun politik. Jadi umur saya sekarang 1 tambah 1 dan 7,” seloroh Mega, saat berpidato di hajatan ulang tahunnya, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu (23/1).

Bisa jadi, seloroh Mega, soal nomor urut Pilpres itu lantaran terngiang lawakan Butet Kertaradjasa dan Cak Lontong yang beraksi di awal acara HUT-nya. Dua seniman itu berseloroh tentang usia Mega saat ini adalah 71 ditambah 1 atau 73 dikurangi 1.

Baca Juga : Pertamian Siapkan Regenerasi SDM Menuju Bisnis Yang Unggul

Penyebutan usia Megawati diubah karena tahun ini adalah tahun politik. Dalam tahun politik, angka 1 identik dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-
Ma’ruf. Sedangkan angka 2 identik dengan pasangan Prabowo-Sandi.

Presiden Jokowi juga sempat bersoloroh tentang ultah Mega yang ke-72. “Tadi, di ruang di sana saya menyampaikan selamat ulang tahun kepada Ibu Megawati Soekarnoputri dalam hari yang berbahagia ini, saya menyampaikan ulang tahun yang ke 71 + 1,” kata Jokowi. Kembali ke Mega, putri Proklamator itu bercerita tentang keresahannya soal gender. Utamanya, peran wanita dalam politik. Menurutnya, perempuan juga harus memiliki andil dalam kemajuan bangsa.

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh. Selain Presiden Jokowi dan Wapres JK, hadir Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra, mantan Wapres Try Sutrisno, mantan Wapres Boediono, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar.

Baca Juga : Garap 2 Saksi, KPK Telusuri Aliran Dana Rekanan Proyek

Kemudian para menteri Kabinet Kerja seperti Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menkumham Yasonna H Laoly, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Kepala Staf Kepresiden Moeldoko. Tak ketinggalan, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf Yusril Ihza Mahendra, Yenny Wahid, Mahfud MD, serta para petinggi dan fungsionaris PDIP.

Di dunia maya, pidato Mega yang menyinggung angka dua direspons netizen. “Bu Mega selamat hari lahir, hari lahir tgl 23 Januari, kalau begitu tanggal pengucapannya juga diganti doonk, 1+1+ 3 hahaha ngga nyambung,” cuit @mamayuli. Pernyataan Jokowi pun turut direspons. “Demi kelangsungan #MesinPolitik, Presiden @jokowi menggantinya jadi ultah yang ke-70+1+1. Met ultah bu,” cuit @iskandarjet.

Tapi @SinuratJH merasa kesal Jokowi ikut-ikutan. “Ya ampun, pak @jokowi gak perlu sampe gitu deh! Norak kali pun,” cuitnya. Akun @TsabitaAzri tidak habis pikir dengen becandaan Mega. “Sampe segitunya, perkara angka aja. Semakin yakin untuk golput,” cuitnya. “Politik jadi orang seperti ndak waras ya. Enak jadi orang bebas,” kicau @UpiRaharjo.

Baca Juga : Pertamina Gelar MoU dengan 5 Politeknik

Ada juga yang menganggap kelakar Mega sebagai wujud ketakutan terhadap Prabowo. “Katanya negarawati, koq sama angka aja takut??? Gpp kali nyebutin angka 2, ga usah terlalu parno bu negarawati. Anda dinilai dari prestasi koq bukan dari angka. Insya Allah sehat selalu,” cuit @Baba2220. [BSH]