Ono Bangga, Setelah 18 Tahun PDIP Jabar Kembali Gelar Perayaan Natal

Ono Surono (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Ono Surono (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, merasa terhormat dan bangga bisa menyampaikan pidato dalam perayaan Natal. Apalagi, Natal bertemakan "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang" ini digelar DPD PDIP Jawa Barat.        

"Ini sebuah kehormatan bagi saya," kata Ono saat menyampaikan sambutan dalam perayaan Natal PDI Perjuangan Jawa Barat, di Gedung Bikasoga, Bandung, Jumat malam (31/1).        

Ono menjelaskan, sejak tahun 2002, PDI Perjuangan Jawa Barat tak lagi menggelar perayaan Natal. Saat 2002 itu, 18 tahun lalu itu, Ketua Panitia Natal adalah Maruarar Sirait.      

Baca Juga : Promosikan Budaya Indonesia, KBRI Den Haag Gelar Perayaan Galungan dan Kuningan

Makanya, kisah Ono, saat bertemu dan berdialog dengan Maruarar Sirait di sela Rakernas PDI Perjuangan 10 Januari 2020, muncul ide untuk kembali menggelar Natal. Ono pun langsung meresponsnya dan ditunjuklah Nico Siahaan sebagai Ketua Panitia dengan Rafael Situmorang sebagai Sekretaris dan Bertha Musty sebagai Bendahara.        

"Ini jadi kebanggaan. Sebab perayaan Natal PDI Perjuangan Jawa Barat dimulai lagi. Dan kita pastikan akan kita rayakan setiap tahun," kata Ono yang disambut tepuk tangan ribuan hadirin.      

Bagi Ono sendiri, Maruarar Sirait ini merupakan sosok pejuang yang sangat nasionalis. Ono ingat, dalam paripurna terakhir DPR periode 2014-2019, saat terakhir pula Maruarar menjabat anggota DPR, Maruarar melakukan interupsi. Dalam interupsi itu Maruarar mengusulkan agar DPR benar-benar menjadi wajah keragaman umat bergama di Indonesia itu.

Baca Juga : Bank DKI Sukses Lakukan Sinergi BUMD, OJK Minta BPD Lain Tiru

"Bang Ara (sapaan Maruarar) mengusulkan agar di DPR juag dibangun pura, wihara, dan gereja," ungkap Ono.      

Ara sendiri menilai Ono sebagai sosok Muslim yang nasionalis sejati. Maruarar juga melihat bahwa Ono merupakan pemimpin yang tegas dan punya hati dalam memimpin PDI Perjuangan Jawa Barat.

Di ujung sambutan, Ono mengutip lagu yang begitu populer. Judulnya Persahabatan. Dalam lagu itu disebutkan bahwa persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Persahabat juga bagai kepompong, hal yang tak mudah berubah jadi indah. "Persahabatan bagai kepompong, aklumi teman hadapi perbedaan," dendangnya, yang kembali disambut tepuk tangan hadirin.      

Baca Juga : Shopee Liga 1 2020, Persija Kalahkan Borneo FC 3-2

Acara Natal ini dihadiri pimpinan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat seperti Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Barat yang juga Wakil DPRD Jawa Barat Inneu Purwadewi, Matius, Zainuddin, Bertha Musty, Nurafika dan Rini Chaerunisa. Hadir juga DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Achmad Nugraha juga tak ketinggalan. Pesan Natal disampaikan Pendeta Dennard Siregar dan doa syafaat dibacakan Romo Agustinus Sugiharto. [USU]