Calon Ketum Demokrat

AHY Seng Ada Lawan

Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Jelang Kongres Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) rajin menyapa kader dan pengurus di daerah. Putra sulung SBY ini disebut-sebut sebagai calon ketua umum terkuat pada kongres yang dijadwalkan Mei nanti. AHY juga disebut-sebut bakal jadi calon tunggal. Pokoknya, AHY seng ada lawan. 

Waketum Demokrat, Syarief Hasan menilai, kunjungan AHY ke daerah sebagai sesuatu yang wajar. Sebagai Waketum Demokrat, AHY memang punya tugas melakukan konsolidasi partai. Harapannya, kunjungan AHY itu membuat kader di daerah makin optimis dan makin mengetahui bahwa banyak kader berkualitas di Demokrat. Termasuk AHY. 

Syarief pun membenarkan banyak yang menjagokan AHY sebagai caketum pada kongres nanti. Dia menilai, suami Anisa Pohan ini memang bagus. AHY punya potensi menjadi pemimpin masa depan. Namun begitu, Syarief belum bisa memastikan apakah AHY akan menjadi calon tunggal atau tidak.

"Apakah calon tunggal, apakah ada persaingan, saya pikir sama saja ya, kan. Yang penting kami mendapatkan ketua umum atau pemimpin yang betul-betul diamanahkan oleh kongres," kata Syarif, di Jakarta, kemarin. 

Berita Terkait : SBY Bangun Museum Dan Galeri Seni Di Pacitan

Sejak pertengahan Januari lalu, AHY memang rajin melakukan kunjungan ke sejumlah daerah. Beberapa daerah yang sudah dikunjungi antara lain Bandar Lampung, Jambi, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Riau, dan Kalimantan Utara. 

AHY sudah menanggapi kabar ini. Dia nampat santai saja. Kata dia, Demokrat punya aturan dan mekanisme dalam memilih ketua umum. Selain itu, SBY sudah punya gambaran bagaimana menjalankan partai ini agar semakin baik ke depan. Tugasnya adalah meyakinkan kader Demokrat agar memiliki semangat yang sama.

"Kongres itu sebagai sebuah formalitas. Yang penting bagi kami, bagaimana Demokrat terus memiliki semangat untuk berbenah diri, terus meningkatkan kerja-kerja politik untuk masyarakat di berbagai daerah dan nusantara, dan pada akhirnya kami ingin berkiprah lebih luas lagi untuk negeri ini," kata AHY, di Manado, pertengahan pekan lalu. 

Warganet menanggapi hangat topik AHT caketum ini. Ada yang menilai AHY memang pantas menggantikan SBY. Mantan prajurit TNI AD itu dianggap punya kemampuan yang baik. Apalagi ia anak sulung SBY. 

Berita Terkait : AHY Lebih Menonjol, Ibas Punya Peluang

"Iya sebaiknya AHY yang jadi ketum. Biar yang nggak setuju keluar aja dari Demokrat. AHY tak ada lawan," ucap @djat_mika. 

Namun, ada juga yang menilai AHY masih belum matang. Belum memiliki banyak pengalaman di dunia politik, tapi AHY dianggap masih terlalu muda. Jangan karena AHY anak SBY, lalu dipaksakan. "Tak ada yang instan dalam politik," ujar @martabaya. 

Sedangkan @intip_momen berharap, AHY tidak jadi calon tunggal dalam kongres nanti. Dengan begitu, kader Demokrat menjadi punya pilihan. "Harus ada pembanding," cetusnya. 

Akun @oebans90 menilai, masih banyak kader yang lebih pengalaman dibanding AHY. Ia malah menjagokan adik AHY, yaitu Edhy Baskoro Yudhoyono alias Ibas. "Mudah-mudahan Ibas yang jadi ketum," ujarnya. "Sebenarnya AHY adalah pendatang baru. Yang berjuang udah lama adalah Mas Ibas. Itu yang benar," sahut @matareat. "Kasian kader yang udah susah-sudah besarin partai, eh anak baru udh mau jadi ketum," timpal @dennisdono. BCG

Berita Terkait : Nonton Video Tiktok AHY, SBY Senyum-senyum

Ada juga warganet yang mengingatkan para kader Demorkat agar tidak ada kerusuhan dalam kongres seperti yang terjadi di PAN. “"Jangan sampe ada banting-banting dan lempar-lemparan kursi hanya untuk mendapat kursi," ungkap @hkushardanto. “Mudah-mudahan gak ada adegan lempar-lempar kursi," timpal @Rizkihamid4. [BCG]