Elite PDIP Ajak Warga Amalkan Nilai nilai Pancasila

Ketua DPP PDIP, Sukur H Nababan (tengah) bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi (keempat kiri), Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendy (Lima kanan), dan Ketua DPC PDIP Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono (kiri keempat) Deklarasi Membumikan Pancasila di Stadion Patriot, Kota Bekasi, Selasa (3/03).
Klik untuk perbesar
Ketua DPP PDIP, Sukur H Nababan (tengah) bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi (keempat kiri), Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendy (Lima kanan), dan Ketua DPC PDIP Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono (kiri keempat) Deklarasi Membumikan Pancasila di Stadion Patriot, Kota Bekasi, Selasa (3/03).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bidang Keanggotaan dan Organisasi, Sukur H Nababan mengajak seluruh rakyat Indonesia mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Hal itu ditegaskan, Sukur dalam acara ‘Deklarasi Membumikan Pancasila’ di Stadion Patriot, Kota Bekasi, Jawa Barat, kemarin. 

Deklarasi tersebut, dihadiri 40.000 peserta dari berbagai kalangan. Selain itu, hadir Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, Walikota Bekasi Rahmat Effendy, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas pemuda dan lain-lain. 

“Setiap orang punya hak sama menjalankan ibadah, sesuai keyakinannya dan wajib mengutamakan persatuan dan kesatuan. Dengan Pancasila dapat terciptanya kedamaian dan menjadikan seluruh rakyat Indonesia makmur sentosa,” terang anggota DPR ini. 

Berita Terkait : Negara Pancasila (2)

Menurut Sukur, dengan membumikan Pancasila, Kota Bekasi akan menjadi rumah besar rakyat yang mengedepankan pluralisme dan toleransi. “Kota Bekasi adalah rumah untuk kita semua yang mengedepankan Pluralisme dan Toleransi,” ujar Sukur disambut tepuk tangan. 

Politisi Siborong-borong ini juga meminta kepada semua elemen bangsa untuk terus menjaga, dan membumikan Pancasila sebagai dasar ideologi negara. 

Di akhir orasinya, wakil rakyat dari dapil Jawa Barat VI ini, menyanyikan lagu Pancasila Rumah Kita bersama artis Silangit. 

Ketika, mengucap lirik lagu tersebut, suara Sukur terlihat bergetar, yang menambah semangat anak muda yang hadir untuk terus membumikan Pancasila. 

Berita Terkait : Tinjau Venue PON di Papua, Bamsoet: Tonggak Baru Pembangunan Papua Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, dengan adanya ‘Deklarasi Membumikan Pancasila’ ini diharapkan dapat menyatukan keragaman etnis dan budaya, merajut kebersamaan, dan menjaga persatuan. 

Sementara, Walikota Bekasi, Rahmat Effendy menyambut positif kegiatan deklarasi tersebut. Masyarakat, katanya, mesti mengetahui dan memahami bahwa Pancasila adalah ideologi negara yang sudah final dan lahir berdasarkan kesepakatan bersama seluruh elemen bangsa. 

“Melalui gerakan ini masyarakat harus paham bahwa Pancasila sebagai dasar negara yang lahir berdasarkan kesepakatan seluruh bangsa Indonesia dari berbagai macam agama dan komunitas, sudah tidak boleh diganggu gugat,” tegasnya. 

Dia menyatakan, tidak boleh ada keraguan terhadap Pancasila sebagai sebuah ideologi negara dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. 

Berita Terkait : Sukur Sama Warga Bekasi Deklarasi Bumikan Pancasila

“Tidak boleh ada keraguan terhadap Pancasila sebagai landasan ideologi negara, sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara,” katanya. [BSH]