RMco.id  Rakyat Merdeka - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia melakukan rekrutmen anggota di seluruh daerah setelah mengantongi SK dari Menkumham. Tak hanya offline, proses pendaftaran anggota juga bisa dilakukan melalui online.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal DPP Gelora Indonesia, Mahfuz Sidik kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Mahfuz, dengan perkembangan dunia digital yang begitu cepat dan canggih, maka, partai politik termasuk Partai Gelora juga harus bisa beradaptasi dan mengikuti zaman dalam sistem perekrutan anggota.

“Kita akan mengedepankan dan mengandalkan proses pendaftaran melalui online,” ujar Mahfuz.

Berita Terkait : Partai Gelora Gelar Rakernas Dan Buka Rekruitment Lewat Teknologi

Untuk merealisasikan hal itu, Partai Gelora sedang mempersipkan perangkatnya. “Kita sedang menyiapkan gelora App. Satu aplikasi yang terintegrasi tentang partai gelora termasuk registrasi membershipnya,” jelasnya.

Siapa pun anak bangsa yang ingin bergabung dan menyalurkan hak politiknya melalui Partai Gelora dipersilakan untuk mendaftarkan diri. Pada prinsipnya, Gelora tidak membatasi siapa pun yang ingin bergabung dan menjadi bagian dari partai.

“Siapa pun anak bangsa yang mau bergabung kita terbuka,” ungkapnya.

Tak hanya proses perekrutan keanggotaan, Mahfuz juga menargetkan menyusun kepengurusan Partai Gelora hingga 100 persen di seluruh kabupaten kota hingga kecamatan dan kelurahan.

Baca Juga : Ribuan Pelanggan Kepincut Program Diskon Tambah Daya PLN

“Perlengkapan sturktur sampai penuh menjadi agenda prioritas. Kalau sesuai dengan perencanaan yang disusun sampai kecamatan dan kelurahan itu total kepengurusan sampai 900 ribu orang,” ujarnya.

Namun, diakuinya, proses perekrutan orang untuk menjadi pengurus Partai Gelora di tengah situasi dan kondisi PSBB sangatlah sulit dan rumit. Tapi, kondisi saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Partai Gelora. Kalau dalam situasi sulit agenda-agenda strategis bisa diselesaikan dan dicapai.

“Ya mudah-mudahan dalam situasi yang ringan bisa melaju lebih kencang,” ujar dia.

Ketua DPW Partai Gelora Jawa Timur, Muhamad Sirot, sebelumnya menargetkan susunan kepengurusan sampai tingkat TPS.

Baca Juga : Ini Nama-nama Calon Menteri Yang Disodorkan La Nyalla

“Usai keluarnya SK Kemenkumham, DPW Gelora Jatim akan melakukan pembentukan pengurus partai tingkat TPS. Dalam waktu dekat kami akan melakukan rekrutmen kader tingkat TPS,” ungkapnya.

Nantinya, jelas Sirot, di setiap TPS harus mempunyai minimal 5 orang pengurus. Rekrutmen kader hingga tingkat TPS ini untuk memastikan bahwa Partai Gelora Jatim harus menguasai teritori.

Bagi dia, penguasaan teritori ini juga memperkecil biaya politik karena Partai Gelora sejak sedari awal melakukan komunikasi dan pemberdayaan rakyat di tingkat TPS.

Saat ini, kepengurusan DPW Partai Gelora Jatim sudah terbentuk di 38 kabupaten/kota sedangkan level DPC terbentuk 413 kepengurusan tingkat kecamatan. [REN]