Mendaftar Lewat NasDem

Petrus Uropmabin : Surya Paloh Punya Hati Untuk Orang Papua

Calon Bupati Pegunungan Bintang Petrus Uropmabin. (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Calon Bupati Pegunungan Bintang Petrus Uropmabin. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Calon Bupati Pegunungan Bintang Petrus Uropmabin mengaku kagum dengan sosok Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh.

Bagi Petrus yang sedang meminta dukungan maju di Pilkada Pegunungan Bintang melalui Partai NasDem tersebut sosok Surya Paloh adalah satu di antara tokoh nasional yang memiliki hati untuk orang-orang Papua.

 "Saya sendiri mengetahui betul sepak terjang beliau memikirkan Indonesia ini dan khusus Papua saya mengenal betul bahwa Pak Surya memiliki hati untuk Papua," kata Petrus melalui keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/6).

Sosok Surya Paloh bagi orang Papua adalah seorang nasionalis sejati yang melihat Indonesia secara utuh dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

"Visi beliau tentang Indonesia ini dan nasionalismenya sudah tidak kita ragukan lagi secara khusus bagaimana beliau punya perhatian istimewa terhadap Papua selama ini," tukas Petrus.

Baca Juga : Langkah Tepat Sektor Pangan, Inflasi Mei 2020 Rendah

Petrus merasa yakin meminta dukungan dari Partai NasDem agar bisa bertarung di Pilkada Pegunungan Bintang pada Desember 2020 mendatang.

"Tentu saja Nasdem dengan semangat restorasinya bisa ikut memberi kontribusi positif bagi pembangunan di wilayah ini yang selama kurang lebih 5 tahun terakhir ini kami anggap jalan di tempat. Kami maju untuk melakukan percepatan," ungkap Petrus.

Petrus yang memilih berpasangan dengan Rumin Lepitalen tersebut menambahkan bahwa dirinya ingin memastikan ikhtiar membangun Kabupaten Pegunungan Bintang lebih maju lagi.

“Sejak awal kami sudah berikhtiar untuk maju karena ingin memajukan daerah ini. Tentu saja selama  ini sebagai kabupaten pemekaran baru sudah ada fondasi yang ditanamkan tetapi karena belum maksimal kami akan melakukan upaya percepatan,” kata Petrus.

Petrus meyakini potensi Pegunungan BIntang masih bisa dikelola secara lebih baik lagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama komitmen dia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarkat Orang Asli Papua. “Pendekatan untuk Orang Asli Papua itu harus jadi prioritas karena selama ini masih banyak ketimpangan,” tegasnya.

Baca Juga : Dewan Profesor UNHAS: Inovasi Keberagaman Sosial Solusi Pecahkan Pandemi

Bukan hanya itu berbagai upaya dan pendekatan melalui peningkatan kualitas pendidikan, akses kesehatan yang layak, pemenuhan hak-hak dasar, peningkatan kualitas kehidupan beragama, pengembangan kearifan lokal melalui pengembangan budaya dan adat-istiadat, percepatan pembangunan infrastruktur.

Selain itu peningkatan UMKM, dan revitalisasi pertanian serta program-program lainnya menjadi rencana program Petrus jika diberi amanat memimpin Pegunungan BIntang lima tahun mendatang.

Bukan hanya itu, Petrus memandang perlu aksesibilitas wilayah dari Ibu Kota Kabupaten di Oksibil menuju distrik-distrik yang ada, pengembangan transportasi sungai, pengembangan Bandar udara, dan program ketahanan pangan dengan pencetakan sawah di wilayah distrik Iwur, Aboy dan Baton.

“Ini semua harus kita lakukan secara terintegrasi dengan konsep pembangunan kawasan perbatasan yang tentu saja  melibatkan semaksimal mungkin masyarakat local sebagai subyek pembangunan,” kata Petrus.

Saat ini kata dia Pegunungan Bintang terdiri dari 34 distrik dengan kompleksitas persoalan yang harus diurai satu per satu. “Kami yakin dengan memetakan secara baik akar persoalan maka masalah di Pegunungan BIntang bisa kita atasi secara bertahap,” ungkapnya.

Baca Juga : BPR di Bekasi Tawarkan Bunga Deposito Hingga 8 Persen

Saat ini Petrus dan pasangannya sedang berupaya memastikan dukungan partai politik untuk memenuhi syarat-syarat pencalonan.

"Kami maju ini karena desakan masyarakat. Itu juga yang membuat saya secara pribadi semangat karena besarnya dorongan masyarakat itu,” kata Petrus yang adalah lulusan Magister Ekonomi Universitas Cenderawasih tersebut.

Ia juga meyakini dukungan dari dua suku besar di Pegunungan Bintang yaitu Suku Ngalum dan Ketengban akan memastikan keduanya bisa merebut kemenangan di Pilkada Pegunungan BIntang Desember 2020 mendatang.

“Karena ini adalah ikhtiar masyarakat Pegunungan Bintang maka saya menyatakan siap maju dan bertarung. Saat ini kami terus berupaya membangun komunikasi antara lain dengan Partai NasDem dan beberapa partai lain.

"Kami yakin Nasdem bisa menjadi pelopor restorasi di Pegunungan BIntang.Dan kiranya ikhtiar kami ini juga didukung oleh beliau dan jajaran DPP Partai NasDem,” pungkasnya. [SRI]