Lewat Video Conference

AHY Apresiasi Keberhasilan Wali Kota Tegal Tangani Covid-19

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya bertukar pandangan dengan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono melalui video conference, Selasa (2/6). (Foto: Dok. Demokrat)
Klik untuk perbesar
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya bertukar pandangan dengan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono melalui video conference, Selasa (2/6). (Foto: Dok. Demokrat)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan pemerintah Kota Tegal menangani pandemi Covid-19, selain menarik perhatian dalam negeri, juga menarik perhatian media internasional. Selasa (2/6) pagi, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertukar pandangan dengan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, yang juga kader Partai Demokrat melalui video conference. AHY mengapresiasi yang telah dilakukan Wali Kota Tegal beserta jajarannya dalam mengendalikan laju pandemi Covid-19.

"Saya pagi hari ini ingin secara langsung mengucapkan terima kasih dan juga mengapresiasi segala kebijakan dan tindakan yang diambil oleh Mas Dedy, sebagai Wali Kota Tegal, yang tentu tidak hanya diapresiasi oleh kami, kita semua sebagai kader Demokrat, tetapi juga masyarakat, bahkan juga masyarakat internasional," puji AHY, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (3/6).

"Bagi saya, kisah sukses ini bukan hanya milik masyarakat Tegal, tetapi juga harus bisa menginspirasi kepala-kepala daerah lainnya, kader-kader utama Partai Demokrat lainnya di berbagai (daerah di) Tanah Air. Apabila ada langkah efektif kepemimpinan, manajemen di krisis ini yang bisa juga diterapkan di daerah-daerah lain, maka insya Allah Indonesia akan semakin baik kondisinya, dan kita bisa segera melewati masa-masa krisis Covid-19," tambahnya.

Berita Terkait : Lewat Video Call, AHY Kembali Serahkan 18.000 Paket Sembako Untuk Warga Karawang

Dalam perbincangan hangat selama lebih dari 1 jam itu, Dedy menceritakan bagaimana ia dan jajarannya menangani pandemi di kotanya. "Yang jelas, keberhasilan di Kota Tegal dalam penanganan Covid-19, saya tidak sendiri. Saya didukung segenap jajaran Forkopimda Kota Tegal, anggota Kota Tegal, dan tentunya seluruh anggota DPRD Kota Tegal khususnya segenap Fraksi Partai Demokrat," ujar Dedy.

"Jadi saya pertama kali itu dengan memblokir jalan, dengan MCB beton dan juga lampu dipadamkan. Saya pikirkan, Kota Tegal adalah central city di mana daerah yang lain itu akan datang ke Kota Tegal seperti daerah tetangga Brebes, Kabupaten Tegal, dan Pemalang sehingga di ruas jalur yang ada di Kota Tegal atau di jalan-jalan, perempatan-perempatan yang ada di Kota Tegal kita blokir memakai MCB beton. Jadi saya melawan virus corona dengan virus psikologi agar di daerah tetangga atau di kota-kota sekitar Tegal ini tahu betul bahwa Kota di Tegal itu sudah diblokir," Dedy menjelaskan. 

Dedy mengungkapkan bahwa dukungan masyarakat juga sangat penting. "Alhamdulillah bahwa saya ini juga kan didukung oleh masyarakat ya. Tidak semua masyarakat Kota Tegal itu kontra, bahkan kalau kita amati di medsos, banyak yang kontra memang dari luar Kota Tegal, seperti mungkin di daerah sekitar. Tapi untuk orang Kota Tegal sendiri, dengan adanya pemblokiran, merasa terlindungi," terangnya.

Berita Terkait : Menperin Minta IKM Maksimalkan Jualan Online Di Tengah Covid-19

Dengan seksama, AHY menyimak dan juga mencatat penjelasan-penjelasan dari Dedy. "Banyak sekali sebetulnya pelajaran berharga yang bisa dipetik dalam kepemimpinan dalam menangani krisis Covid-19. Yang jelas tadi kalau saya bisa simpulkan, ada keteguhan dalam leadership. Dalam kepemimpinan, memang pemimpin itu selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan yang tidak mudah, tidak ideal. Pasti ada yang tidak suka, ada yang protes, ada yang mempertanyakan dampak dari sebuah kebijakan. Tapi karena Mas Dedy teguh pada prinsip bahwa Kota Tegal harus dilindungi masyarakatnya, sehingga hasilnya baik," terang AHY.

"Kemudian poin penting tadi, adanya sinergi dan kolaborasi diantara berbagai elemen. Dan saya mengucapkan terima kasih secara khusus kepada para kader utama Partai Demokrat yang juga memberikan support langsung maupun tidak langsung. Karena ini juga menjadi instruksi yang saya lepas ketika itu dalam rangka menghadirkan solusi mencegah penyebaran Covid-19 diberbagai daerah di Tanah Air," tegas AHY.

Koordinasi dan kolaborasi, menurut AHY, itu juga berawal dari kepemimpinan. "Saya berharap ke depan Pak Wali Kota terus sehat, dan selalu menghadirkan yang terbaik untuk masyarakatnya. Sekali lagi kami semua bangga, keluarga besar Partai Demokrat sangat bangga," tandasnya.

Baca Juga : Haji Dibatalkan, Garuda Makin Lesu Darah

Saat melakukan video conference, AHY didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum PD Renville Antonio, dan jajaran pengurus Partai Demokrat. Sementara Wali Kota Tegal didampingi Ketua DPC Kota Tegal Hendria Priatmana, serta anggota DPRD dari Fraksi PD Teguh Imam Santoso dan Akhmad Satori. [USU]