Alfito Dan Putri Ayungtias Moderator

Debat Antar Cawapres Revisi Sejumlah Aturan

Ketua KPU, Arief Budiman. (Foto: Twitter @KPU RI).
Klik untuk perbesar
Ketua KPU, Arief Budiman. (Foto: Twitter @KPU RI).

 Sebelumnya 
Nah, terkait format debat, Arief mengaku belum sampai pada pembahasan. Namun, dia menyebut, bakal ada sejumlah aturan yang dirubah pada debat ketiga ini dibanding pada debat kedua. Pertama, yakni akan ada pengurangan jumlah supporter pada debat ketiga. Perubahan lain yakni bakal dihapuskannya pertanyaan debat menggunakan video pendek.

Baca Juga : Soal Upah Buruh, Ini Penjelasan Aice

Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso menilai, memang perlu ada perubahan format debat. Menurutnya, debat harus bisa mengeksplorasi gagasan-gagasan antar calon.  “Format debat kami sempurnakan dan kami ubah. Tapi ada ide yang disepakati bersama ialah substansi dan pertanyaan yang sama diberlakukan untuk calon presiden maupun baik 01 dan 02 dalam debat ketiga nanti,” ujarnya. 

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Di tempat yang sama, Direktur Program TKN, Aria Bima tidak masalah dengan pembatasan jumlah pendukungnya. Namun, ia menawarkan solusi antar tim hore atau suporter yang di dalam hanya meneriakkan yel-yel sesuai aturan yang berlaku. Apabila ada yang menganggu jalannya acara kemudian bisa diambil tindakan.  [HEN]