DPD Provinsi Sumatera Barat

Dua Kursi Kosong Jadi Rebutan Puluhan Calon

Emma Yohana (kiri) dari Pertahana, Alirman Sori (tengah) dari Pertahana dan Desra Ediwan Anantanur (kanan) dari DPD.
Klik untuk perbesar
Emma Yohana (kiri) dari Pertahana, Alirman Sori (tengah) dari Pertahana dan Desra Ediwan Anantanur (kanan) dari DPD.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Peta perebutan 4 kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masih biasa-biasa saja. Dua kursi kosong petahana dibidik eks Ketua DPRD dan mantan Wakil Bupati Sebanyak 22 calon senator dari Dapil Sumbar siap bertarung di Pileg 2019. Jumlah itu berkurang dua. Satu calon petahana H Afrizal meninggal dunia. Satunya, Herman Darnel Ibrahim tak nyalon lagi.

Dari puluhan calon, mewakili petahana ada Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa Hj Emma Yohanna. Kosongnya dua kursi ini jadi bidikan calon senator pendatang baru. Mewakili penantang dari mantan politisi daerah ada Alirman Sori dan Komi Chaniago.

Berita Terkait : IOAC 2019, Polo Air Putri Jawa Barat Jadi Pemenang

Alirman Sori sudah dua periode menjabat Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan. Dia pernah menjabat anggota DPD periode 2009-2014. Sementara, Komi Chaniago pernah duduk sebagai anggota DPRD Sumbar di bawa bendera Partai Bulan Bintang (PBB). 

Selain politisi, penantang dari mantan birokrat ada Desra Ediwan Anantanur. Dia adalah mantan Wakil Bupati Solok dua periode. Sebelum duduk di birkorat, Desra pernah menjabat anggota DPRD Solok di bawah bendera Partai Golkar. Birokrat lainnya, Irdam Imran. Dia adalah mantan ASN dari Sekretariat Jenderal MPR dan pernah menjadi Kepala Bagian Sekretariat untuk (alm) AM Fatwa. 

Baca Juga : Dua Pelaku Teror Novel Baswedan Digiring ke Bareskrim Polri

Di kalangan pengusaha, muncul nama Ramal Saleh. Dia adalah Ketua Kamar dagang dan Industri Indonesua (Kadin) Wilayah Sumbar periode 2017-sekarang. Saat ini, dia tengah merambah dunia properti dengan bendera PT Mar Bangun Bersama.
 Selanjutnya