RMco.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Pusat Sosial dan Politik Infonesia (Puspolindo) Dian Cahyani mengatakan, dalam situasi politik saat ini, sikap politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat yang berseberangan dengan pemerintah, mendapatkan nilai lebih dari rakyat.

“Tapi jika ingin dilirik lagi oleh rakyat, PKS dan Demokrat harus lebih keras lagi terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap kepentingan rakyat,” ungkapnya, kepada wartawan, kemarin.

Berita Terkait : Partai Demokrat Ikhlas Ferdinand Mundur

Masyarakat, diakui Dian, sudah kecewa dan frustrasi dengan kepemimpinan Jokowi yang mengabaikan kepentingan rakyat. Karena itu, rakyat sedang mencari partai mana yang mau mendengarkan aspirasi dan mau bersama rakyat ketika sedang susah.

Dia pun membeberkan posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ketika menjadi oposisi selama 10 tahun pemerintahan di bawah kepemimpinan SBY. PDIP kencang dan keras mengkritik kebijakan pemerintah.

Baca Juga : Di Tangan Pak Pratik, Kini Suara Buruh Digantungkan

“Hasilnya, PDIP bisa meraih simpati rakyat dan menjadi partai pemenang,” ujarnya.

Bukan tidak mungkin, jika PKS dan Partai Demokrat bisa meraih pundi-pundi suara rakyat yang kecewa dengan pemerintah dan partai koalisinya.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-19 Main Imbang Lawan Makedonia Utara, Ini Pesan Shin Tae Yong

Untuk Partai Demokrat, jika bisa memoles dan mengkapitalisasi, sangat memungkinkan reborn dan menjadi partai pemenang kembali.

“Sekarang, bagaimana Partai Demokrat memainkan isu ini. Kalau posisinya terus bersama rakyat, bisa naik suaranya,” katanya. [REN]