RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno turun gunung mengunjungi wilayah Jawa dan Bali. Dalam perjalanannya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyoroti dan menyapa para pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Aksi turun gunung Sandi ini terpantau sudah sampai di wilayah Brebes , Jawa Tengah. Di Brebes, Sandi berkunjung ke pusat oleh-oleh Maju Jaya untuk membeli telur asin sekaligus berdialog dengan penjualnya.

“Kalau di Brebes identik dengan telur asin. Tidak lupa membawa oleh-oleh telur asin setiap kali ke Brebes. Kini telur asin bukan sekadar jadi oleholeh khas Brebes. Seminggu lalu, telur asin Brebes telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia dalam sidang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” jelas Sandi, kepada wartawan, kemarin.

Berita Terkait : Kerek Usaha Di Tengah Pandemi, Sandi Dorong UMKM Saling Berkolaborasi

Urusan bisnis rakyat ini begitu disoroti Sandi. Dia mengajak ngobrol para pedagang dan menanyakan penghasilan di saat pandemi.

Sandi mengamini, hingga saat ini sektor ekonomi berbasis pariwisata belum pulih. Dia berharap, pandemi segera berakhir dan keberadaan pusat oleh-oleh seperti di Brebes ini dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Polemik UU Cipta Kerja (Ciptaker) pun mencuri perhatian Sandi. Dia berharap, UMKM yang dikunjunginya di Brebes itu dapat berkembang dan bisa membuka lapangan kerja setelah UU Ciptaker disahkan dan diberlakukan.

Berita Terkait : Sandi Belum Turun Gunung Ke Solo

“Undang-Undang Ciptaker ini harusnya jadi aturan yang memberdayakan UMKM,” ungkapnya.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini mengatakan, UMKM membutuhkan akses pemasaran, akses permodalan dan juga akses peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Maka, dengan adanya UU Ciptaker diharapkan persoalan tersebut terselesaikan. “UMKM ini 100 juta lebih usaha mikro dan ultra mikro. Jadi Undang-Undang Ciptaker ini harus berpihak pada usaha kecil,” pungkasnya.
 Selanjutnya