RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai, kinerja satu tahun pemerintahan Jokowi Ma’ruf kurang memuaskan. Bahkan, Mardani memberikan penilaian lima atas kinerja pemerintah.

“Mungkin Pak Jokowi sudah bekerja keras, tapi sebagian kementerian terlihat gagap dan hilang fokus. Secara umum, nilai yang didapat lima dari skala 10, untuk satu tahun kepemimpinan Pak Jokowi-Ma’ruf,” ungkap Mardani, melalui akun media sosialnya, kemarin.

Baca Juga : Yang Bilang Buruk, Cuma Elite Yang Iri

Anggota Komisi II DPR ini menyebutkan beberapa hal yang kurang memuaskan, seperti masalah penegakan hukum. Dapat dilihat pada kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sampai Kejaksaan Agung dalam menangani kasus Djoko Tjandra.

Peranan KPK lebih sibuk dengan berita naiknya gaji pimpinan, dan rencana pemberian mobil dinas yang sebenarnya bertentangan dengan konsep single salary nya KPK.

Baca Juga : Tokopedia Cs Tawarkan Layanan Muslim Friendly

“Lalu penanganan kasus Djoko Tjandra, yang belum membongkar semuanya, kian menunjukkan kondisi penegakan hukum masih jauh dari harapan,” katanya.

Selain itu, kebebasan berekspresi juga menjadi catatan buruk. Dia mengutip Komisi Untuk Orang Hilang Dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), yang mencatat, setidaknya ada 157 kasus selama 1 tahun ini.

Baca Juga : Soft Copy 1.187, Hard Copy 1.038

Sejumlah aktivis ditangkap atas tuduhan melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), UU yang kerap menjadi dasar penangkapan.

“Seharusnya, dudukkan proporsinya sesuai hak dasar kebebasan menyampaikan pendapat dan hal berserikat,” kata Mardani. Belum lagi skandal Omnibus Law atau Undang-Undang Cipta Kerja, yang memicu reaksi publik hingga hari ini. [REN]