RMco.id  Rakyat Merdeka - Empat petahana tak nyalon lagi. Empat kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Papua yang kosong jadi rebutan. Itu artinya langkah pendatang baru atau new comer makin ringan menuju Senayan.
Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 14 calon senator Provinsi Papua. Sedangkan 4 petahana tak nyalonlagi. Mereka adalah Pdt Charles Simaremare, Mesakh Mirin, Yanes Murib, dan Edison Lambe.

Baca Juga : Jalan Gibran Tak Seberat Bapaknya

Pdt Charles Simaremare, dipastikan maju jadi caleg DPR dari Partai Perindo. Pada Pileg 2014, Charles mampu menduduki kursi senator dengan meraih 394.138 suara. Yanes Murib meraup 259.444 suara, Edison Lambe mendulang 206.503 suara dan Mesakh Mirin dengan 297.604 suara. Dengan tak tampilnya 4 petahana ini, membuat lebih ringan langkah calon pendatang baru atau newcomer.

Baca Juga : Kejaksaan Agung Lanjutkan Penyidikan Kasus Kapal KKP

Salah satu calon yang punya peluang untuk meraih kursi senator adalah politisi senior Partai Golkar Yorrys Raweyai. Mantan anggota DPR ini akan bersaing dengan calon baru lainnya. Dua mantan anggota DPD periode 2009-2014 Paulus Yohanes Sumino dan Helina Murib juga siap kembali menuju Senayan. Bukan itu saja, anggota DPRD Kabupaten Puncak, Ruben Uamang juga ingin ‘naik kelas’ nyalon DPD.

Baca Juga : Mahfud Legowo

Staf ahli Fraksi Partai Hanura DPRD Papua 2017-2018, Yohannes Fajar Irianto Kambon juga tertarik jadi senator di pemilu tahun ini.  Yang menarik, para pengusaha swasta tertarik juga menjadi senator dari dapil Provinsi Papua. Setidaknya ada lima pengusaha ikut bertarung. Yakni Davis Kambuaya, Dayana, Habelino Rumpi Sawaki, Yohanis Damasenus Reda dan Wilhelmus Rolo. 
 Selanjutnya