RMco.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini berulang tahun ke-48. Perayaannya tidak biasa. Bukan pertunjukan selebrasi di hotel, melainkan menanam pohon, dan membersikan Daerah Aliran Sungai (DAS) sepanjang Kali Ciliwung.

“Setelah mendengarkan sambutan virtual Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, dilanjutkan penanaman pohon secara serentak dan membersihkan Sungai Ciliwung,” ujar Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis, kemarin.

Berita Terkait : Deddy Sitorus: HUT Ke-48 PDIP Kedepankan Politik Kehidupan Dan Peradaban

Hasto menjelaskan, tema ulang tahun PDIP kali ini adalah Cinta Ciliwung Bersih, yang merupakan kelanjutan program PDIP bertajuk Merawat Bumi, dengan melakukan gerakan penghijauan secara serentak.

Tidak hanya jajaran DPP PDIP yang merayakan ultah di Kali Ciliwung. Seluruh kader dipastikan turut berpartisipasi membersihkan sungai di daerahnya masing-masing.

Baca Juga : Komisi I : Tiru Bu Susi Dong, Tangkap Dan Tenggelamkan

Mengapa sungai? Hasto menjelaskan, sungai sebagai sebagai salah satu spot peradaban manusia. Melalui sungai, air membawa nutrisi ke seluruh penjuru bumi.

Jadi, kata dia, jangan memandang sungai sebagai saluran air atau drainase semata. Namun, sebagai sebuah habitat yang menyediakan makanan yang baik bagi banyak organisme di bumi. “Membiarkan sungai tercemar, sama saja mengancam peradaban manusianya,” tegasnya.

Baca Juga : Awas Zoonosis!

Pria kelahiran Yogyakarta ini lalu mengutip data milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyebutkan, tahun 2020 tercatat 98 persen sungai yang ada di Indonesia dalam kondisi tercemar.
 Selanjutnya