RMco.id  Rakyat Merdeka - Kader Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) dituntut tak hanya jago berpolitik. Tapi juga dalam menjaga lingkungan hidup. Hal ini diungkapkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri di puncak rangkaian perayaan HUT PDIP ke-48, kemarin.

“Semoga apa yang dilakukan PDIP ini semakin memberikan inspirasi. Berpolitik itu bukan hanya berpolitik. Tapi juga menyentuh aspek kehidupan yang paling mendasar. Termasuk menjaga lingkungan hidup agar tetap asri dan lestari,” ujar Mega, kepada seluruh anggota dan kader partai, yang disiarkan secara virtual di Jakarta.

PDIP melakukan kegiatan tidak biasa di hari ultahnya kali ini. Yaitu, melakukan gerakan lingkungan bertajuk Cinta Ciliwung Bersih (CCB). “Terus rapatkan barisan. Tiada hari tanpa gerak perjuangan, termasuk penghijauan. Itu memberikan nafas kehidupan bagi tanah air kita, Indonesia Raya,” pesannya.

Berita Terkait : Deddy Sitorus: HUT Ke-48 PDIP Kedepankan Politik Kehidupan Dan Peradaban

Putri Proklamator Soekarno itu bercerita, sejak kecil selalu diajarkan orang tuanya mencintai dan menjaga alam raya. Bung Karno, mengajarkan prinsip ‘tat twam asii’. Bahasa Sanskerta yang berarti, “aku adalah kamu, kamu adalah aku”

Prinsip ini, kata Mega, tidak hanya mengatur hubungan antar sesama. Melainkan juga tanggung jawab terhadap lingkungan hidup. “Bahasa Jawanya, mewayu hayuning bawana (memperindah keindahan dunia),” jelasnya.

Presiden Indonesia kelima itu menyebutkan, salah satu gerakan lingkungan yang bisa dilakukan para kader PDIP saat ini adalah membersikan sungai di daerahnya masingmasing. Hijaukan dari hulu ke hilir, maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan. “Mata air itu bukan sekadar mata air, dia adalah sumber kehidupan,” pesannya.

Baca Juga : Di India, Petugas Kebersihan Disuntik Vaksin Covid Duluan

Sementara Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan, dia beserta jajaran partainya seharian kemarin telah melakukan aksi penanaman pohon dan membersihkan sungai di bantaran Sungai Ciliwung, seperti yang dipesankan Megawati.

Hasto menegaskan, PDIP berkomitmen memperjuangkan terciptanya Sungai Ciliwung yang bersih demi Jakarta bersih. Pada kegiatan kali ini, Hasto Cs memilih membersihkan Kali Ciliwung di area Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dia didampingi Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, Fungsionaris DPD PDIP, DKI Jakarta yang juga Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, dan pengurus wilayah DKI Jakarta Pusat.

“Kita bersyukur telah bersama-sama menanam pohon, yang berarti kita memberi nafas kehidupan bagi Bumi Pertiwi, mengabdi kepada Ibu Pertiwi dan Tanah Air Tercinta,” ujar Hasto.

Baca Juga : PKS Warning Pemerintah Sigap Amankan Laut Indonesia

Ketua DPRD DKI, Prasetyo mengatakan, masyarakat DKI Jakarta wajib memiliki kepedulian atas kebersihan sungai. Dia berpesan, agar tidak ada lagi yang membuang sampah di sana.  [BSH]